TOYOTA HISTORY COLLECTIONS

DEDICATED TO

MY SON

ANTON JIMMI SUWANDY

 
 
30577340
2013 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30577323
2013 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30576833
2013 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30576660
2013 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30576642
2013 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30576047
2012 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30576036
2012 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30576028
2012 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30575326
2000 USA
Toyota Magazine Advert
 
 
30572140
2011 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30572118
2011 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30571269
2010 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30570809
2010 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30568459
2000s UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30568087
2010 UK
Toyota TV Advert (Grab)
 
 
30555627
2008 UK
Toyota Magazine Advert
 
30553091
2007 UK
Toyota Auris TV Advert (Grab)
 
 
30553090
2007 UK
Toyota Auris TV Advert (Grab)
 
 
30551009
2007 UK
Toyota Yaris TV Advert (Grab)
 
30551007
2007 UK
Toyota Yaris TV Advert (Grab)
 
30550850
2000s UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
 
30550849
2000 UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
30550848
2000 UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
30550846
1990s UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
 
30550845
1991 UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
30550844
1980s UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
30550843
1995 UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
 
30550842
1985 UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
30550841
1980s UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
 
30550840
1983 UK
Toyota Magazine Advert
 
30550839
1987 UK
Toyota Magazine Advert

Koleksi Mobil Toyota Astra

February 8, 2010 by uniquecollection

My Loving Soluna

Sekali Toyota Tetap Toyota

Kantor Pusat lama

Pabrk lama di Koromo(sekarang Hansa)

Sedan pertama Toyoda AA 1936

Toyopet Crown 1937

Landcruiser generasi pertama 1951

Toyopet crown 1955

Toyopet Crown 1958

Jeep Macho

Toyota Araco

Corona 1974

Toyota Samurai 1980

TAM Kijang generasi pertama 1984

Albert dan Corolla 1974

My Corona 1977

My loving Toyota landcruiser BJ-40

Anton&Landscruiser BJ40 1984

I.PENDAHULUAN
Sebagai pecinta mobil Toyota sejak dari awal saya selalu mempergunakan mobil produksi Toyota Astra Mobil (TAM) umumnya generasi pertama baik dari asembling CKD(complete knock down) seluruh komponen diimpor dan dipasang di Indonesia oleh
pabrik TAM yang saat itu masih bergabung antara pabrik dan pemasaran (saat ini sudah terpisah), merupakan patungan antara Astra dan Toyota Motor Coooperation Jepang .

Mobil pertama adalah Toyota corolla 1000cc green army 1974 . mobil ini kurang kuat nanjak sebab mesinnya kecil ,oleh karena saya bekerja ditempat yang tanjakannya sangat tinggi maka mobil ini dipakai oleh orang Tua , sangat awet tetap masih tokcer sampai tahun 1995 dilego karena ayah sudah meninggal dan ibu sudah tua . Mobil ini tidak pernah macet atau kecelakaan, warnanya masih asli tak pernah turun mesin,benar-benar mesin toyota sangat kuat dan tahan lama asal dirawat dengan baik sayang ccnya rendah sehingga kurang kuat bila dipasang AC, maklum Jakarta panas mana tahan yah sudah lego saja selagi masih ada yang berminat dengan harga cukup lumayan kurang lebih setengah harga corolla baru saat itu.
Mobil pertama ini mobil rejeki karena dibeli saat anak pertama lahir,Albert -photographer uniquecollection blog, lihat illustrasi photo Albert dan corolla 1974.
mengapa mobil Toyota corolla yang dipilih ? jawaban yang sebenarnya inilah mobil paling murah dan bisa dicicil semaunya dengan Bang Ali aceh tanpa pikir mutu,tetapi warnanya military green menarik hati dan transmissi manualnnya sangat mudah dipakai serta sngat irit, walaupun Kakak mertua saya mengatakan pada Isteri saya mengapa Mobil Japang yang dibeli, saat itu semua yang berbau Jepang dianggap murahan, ia memakai mobil Dodge yang saat itu keren, tetapi apa yang terjadi lima tahun kemudian mobil sedan Dodge sudah hilang dari pasaran sedang Toyota Corolla tetap berjaya sampai tahun 1995, dua puluh satu tahun masih mulus dan tokcer, sayang mesinnya kecil 1000cc tak kuat pasang AC, apaboleh buat berikan rang tua yang tinggal dikota, saya ganti mobil yang lebih kuat untuk nanjak.

Mobil kedua , Toyota Corona 1500 ,green apple. Mbil corona ini sangat kuat, dibawa jalan-jalan dari sumatera Barat ke Medan sampai beberapa kali menempuh medan yang cukup parah, aman saja, kuat dan tidak pernah rewel , mesin dan transmisinya luar biasa, hanya sistem remnya harus hati-hati waktu hujan nginjaknya perlu beberapa kali jangan satu kaligus bisa slip, memang rem gaya lama kurang mantep masih pakai sistem karet bukan hidrolik.
Setelah berjalan keliling sumatera Barat dan sumatera utara hampir 9 tahun warnanya mulai luntur diganti cat baru abu-abu jadi mulus lagi, terimakasih WATJE dan HENG catnya hebat juga , saat itu bengkel mereka ATOM jadi service station Toyota Astra,
saat itu dealer Astra belum ada di Padang, mobil pertama dan kedua dibeli secara cicilan semaunya denga Bang Ali Aceh, halo Bang Ali terima kasih
Toyota Corona ini juga mobil rezeki karena waktu dibeli isteri Hamil dan saat hamil jaln dari solok sumatera barat sampai danau toba Medan non stop 20 jam,berhenti hanya untuk makan dan istirahat tetap tokcer kehamilan tak terganggu karena mobil nyaman sekali shckbrekernya, mesih halus bunyinya dan akhirnya Anton lahir dengan selamat sampai sat ini malam kerja di TAM,memang ia dilahirkan dan dibesarkan dilingkungan mobli Toyota astra Mobil sehingga bila ditest ia bisa cerita panjang lebar dan terperinci mengenai mobil produksi Toyta Astra Mobil termasuk bengkelnya, malah ia buat gambar bengkel toyota Astra Padang karena sering kesana ikut saya yang saat itu jadi dokter bengkel Toyota sehingga enak service gratis mobil jadi tetap mulus walaupun karet kopling dan rem perlu juga diganti pada saatnya.
Sebenarnya saya sudah terlanjur jatuh cinta pada mobil corona tersebut, tetpi karena ingin pergi jalan darat ke Jawa dan Bali liwat jalan raya Sumatra dan Jawa, saya lepas mobil tersebut dengan harga yang sama dengan harga beli kurang lebih 3 kilgram Mas harganya, tambah sedikit dengan kredit dapat mobil perkasa nomor tiga.

mobil Ketiga, mobil paling saya sayangi sampai hampir 25 tahun membawa saya keliling Jawa -sumatra dan bali, tokcer, kuat aman dan tetap masih mahal harganya sampai saat ini,pasti kolektor tahu merkanya si Jago jalan offroad si BJ-40 Diesel generasi pertama di Indonesia thun 1983 “LANDCRUISER BJ-40″ diesel warna redwine, sebenarnya mau disimpan sampai usur tapi takut nanti kena aturan ibukota mobil dibawah tahun 2000 tak boleh masuk kota dan saya sudah pensiun tak pernah jalan off road lagi dan sasaran baru adalah trevel around Asia dengan pesawat udara kutukar di jengo merah Toyota lnadcriser denga Toyota Soluna thailand generasi pertama sebelum keluar generasi kedua buat taksi.

Mobil Keempat, saat pindah kejakarta , perlu mobil dua, karena lagi ada rejeki jualan koleksi unik yang masih berlebih dari beli rumah, saya beli Mobil Toyta Twin cam 1989 buat nyonya pergi ngatar Anton dan albert ke Sekolah sebab saya bertugas ke Pontianak empat tahun. Mobilkebangaan dan kesayang nyonya dipakai selama 15 tahun, mesin masih bagus hanya warna wine red pudar akibat dijempur waktu parkir tapi si OYONG pinter juga ganti cat sama sehingga tetap mulus saat dijual karena nyonya ganti mobil baru atas saran Anton yang baru pulang praktek kerja di Kota Toyota Jepang selama satu tahun, tentu sudah tahu itu mbil paling populer dan ekonomis saat ini.
Toyota twin cam kelemahnya adalah sistem kipas dan radiator, kurang cocok buat Indonesia yang sangat panas,otomatnya sering rewel sehingga air habis,untung sistem proteksinya bagus tak terbakar, hanya AC jadi korban bila jalan jauh bisa mongok kepanasan, air-air tolong tambah, radiator dan kipas ganti tokcer lagi, tapi mesinya tetap tokcer.

Mobil Kelima , Toyota Soluna red wine ,mobil kreasi Thailand generasi pertama ini, masih saya pakai saat ini, irit, sistem radiator bagus, mesin bagus,transmisi bagus, Ac bagus hanya rusak saat kebenah air banjir, tapi mesin tetap bagus walaupun nerjang air banjir lari ke apartemen dan selamat , sunggup mobil ini bagus, dan tetap awet termasuk catnya ada sedikit gores diterpa sepeda motor. Saya sayang mbil ini,pakainya hanya dalam kta sekali atau dua kali seminggu sehari-hari keliling kelapa gading saja, maunya diantikkan sampai usur, walaupun sudah 10 tahun umurnya , jalannya baru 100.000km, walaupun sedikit was was bila ada aturan buangan gas bila ditest bisa tak lulus biarlah putar-putar dalam kelapa gading saja, anton denga Kinjang Innovanya bisa keluarkota dan dalam kota dengan Toyota Viosnya bantuan tempat kerjanya di TAM.
Anton kurang setuju saya tulis tentang mobil toyota Astra Mobil, mungkin ia takut ada pengarurh buat pekerjaannya, tapi saya pikir ini pengalaman pribadi saya yang ditulis dari hati yang suci tanpa ada pengaruh apa-apa, benar berani sumpah!! saya juga ikut prihatin ada kampanya negatif buat Toyota saat ini,komentar saya , Toyota tetap Jaya, mana ada ciptaan manusia sesempurna ciptaan Tuhan, si Bule Amerika cari peluangan karena kalah bersaing, masa soal karpet nyangkut gas dijadikan msalah, kita di indonesia selalu pasang karpet khusus dibawah gas yang kasat agar tidak nyangkut, rang amerika perlu belajar dari supir Indonesia, nati waktu bama datang bisa diperlihatkan bagaimana Toyota Astra Mobil melindungi Kosumen Indonesia.

Mobil keenam dan ketujuh.milik Nyonya yang punya metode international tiap lima tahun ganti mobil, ternyata mobil Toyota Avanza generasi pertama Tahun 2004 ditaksir diatas harga beli, sehingga dapat ditukar dengan New avanza 2009.
Mobil Avanza benar benar irit, tinggi anti banjir siudah di test lulus cumalude, dan harga purna jualnya lumayan bagus, tetapi saya masih kaku pakai mobil panjang sama dengan Kijang karena takut ekornya tak muat digarase dan kalau mundur kepentok dinding, untung mobil Anton Toyota Vios dan innova sudah pakai alarm parkir tak bisa kepentok, tapi Toyota avanza belum, saya saran supaya generasi mendatang ditambah alrm tersebut biar saya lebih berani memakainya , maklum umur udah tambah uzur.

Saya ucapkan selamat kepada pimpinan Toyota astra Mobil atas prestasinya yang dapat menyelamatkan produk MobilToyota di Indonesia dari segala kemunginan cacat produksi, dan saya usul isitilah Recall diganti dengan recheck atau medical check up kata orang medis kayak saya, kesehatn manusia ciptaan Tuhan saja perlu dicek, deteksi dini tanda-tanda kurang beresnkesehatan, atasi sedini mungkin sebelum jadi rusak dan celeaka, bagaimana boss TAm,okay. Viva Toyota Astra Mobil, kata orang bule “you are still Number One”

Sebagai tanda ucapan terima kasih saya kepada Toyota Astra Mobil (TAM) dan Toyota Astra Cooperation (TMC) atas karya mereka yang telah mebantu saya sehingga dapat bergerak dengan cepat dan selamat selama kurang lebih 36 tahun(1974-2010) , saya mencoba menyusun suatu kronologis perkembangan mobil Toyota Astra dengan judul Kronologi koleksi mobil Toyota Mobil coorperation(TMC) dan Toyoto Astra Mobil,yang dikompilasi dari berbagai informasi yang saya peroleh dari eksplorasi Internet via Google berikut illustrasiny baik dari Internet maupun milik pribadi, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan bagi TMC dan TAM, mohon koreksi karena saya bukan penulis profesional, hanya penjalan keliling asia dan kolektor benda unik termasuk Mobil unik Toyota.

II.KOLEKSI MOBIL TOYOTA MOBIL COORPERATION(TMC)

2.1. Awalnya Industri mobil Toyota

(1) 1867
Sakichi Toyoda lahir

(2) 1924
Sakici Toyoda menciptakan model mobil Toyda

(3) 1929
Toyoda automatik dipatentkan

(4) 1930
Kaichio Toyoda (generasi ke-2), mulai meneliti mesin mobil kecil dengan bahan bakar bensin.

(5) 1935
Diproduksi Toyoda automatik

(6) 1936
Diproduksi Mobil Sedan Toyoda AA

2.2. Toyota Mobil Cooperation (TMC)
Dalam bahasa Jepang disebut “Toyota Jidsha Kabushiki gaisa” dikenal sebagai Toyota adalah sebuah perusahaan multinational bermarkas di Jepang.
Ditemukan oleh Kiichiro Toyoda tahun 1937 yang merupakan perunahan dari perusahaan Ayahnya Toyota Industri untuk membuat Mobil.
Untu lebih jelasnya silahkan para kolektor membaca dan melihat illustrasi dari produksi mobil TMC :

(1) 1937
Toyota Industri diganti namanya menjadi TMC(Toyota Mobil cooperation) oleh Kiichiro Toyoda sebagai Toyoda generasi kedua.

(2) 23.8.37
TMC meluncurkan produksi Toyota Corolla generasi pertama.

(3) 1941
Pemerintah militer Dai Nippon menduduki Phillipine dan menemukan moblik amerika merk Bantam MKII, mobil ini dibawa ke Jepang untuk dijadikan contoh untuk membuat mobil jenis sama tetapi dengan model yang berbeda, untuk dapat terwujud maka penguasa militer Dai Njppon di Jepang memerintahkan TMC untuk membuat mobil Jeep tersebut dan TMC menciptakan prototipe mobil model AK yang dikenal tentara Kerajaan Jepang sebagai “Yun ShikiKomatsu-she” atau dalam bahasa Indonesia “Truk Barang era Kerajaan tahun 2604-1944″

(4) 1942
Pemerintah Jepang meminta TMC untuk memproduksi Truk ringan untuk Kampanye Militer Jepang , maka TMC menciptakan Truk AK10 yang dibuat berdasarkan mesin Bantam GP. dengan mesin 2259 cc 4 silinder mesin type C yang sesudah perang menjadi prototipe Toyota Jeep BJ.

(5) 1947
TMC menproduksi Truck model SA dikenal sebagai Toyopet, truk ini tidak kuat dan kecepatannya rendah.

(6) 1950
Pada waktu perang Korea TMC mengalami krisis finansial,sehingga saat diminta Tentara Amerika serikat untuk memproduksi Jeep Willis , TMC membuat produksi Jeep Willis dikenal sebagai jeep Korea kepala Tinggi, penulis memiliki mobil dinas type ini , tetapi kemudian dijual karena sistem rem yang jelek dan koplingnya sangat keras , teapi sangat bagus buat latihan belajar mobil , Isteri ,orang Tua dan adik saya belajar menyetir dengan jeep type ini.

(7) 1951
TMC membuat Jeep BJ type B mirip Landrover inggris 1948 tetapi lebih lebar dan pada bulan july 1951 Jeep BJ dipakai sebagai Jeep patroli Polisi nasional Jepang, hal yang sama juag di indonesia pada tahun 1974.

(8) 1953
Toyota jeep BJ mulai diproduksi di Toyota Honsja

(9) 1954
Nama Landscruiser di ciptakan oleh direktur tehnik Hanji Umehara sebagai saingan Landrver Inggris dengan berbagai type BJ-T, BJ-R, BJ-J dan FJ-7.

(10) 1955
TMC meluncurkan mobil Landscruiser Generasi 2 mesin 3900 cc 6 silider type F .dan Toyopet crown.

(11) 1957
Produksi pertama Toyota Corona

(12)1958
Diluncurkan Statin wagon Landscruiser type F

(13) 1960
Diluncurkan Landscruiser generasi ke-3 3900 cc yang sangat terkenal dengan nama Toyota Macho

(14)1966
Produksi pertama Toyota Corolla

(15)1968
Corolla diproduksi di Amerika Serikat

(16)1969
produksi pertama Corona Mark II (anton pernah memiliki mobil ini)

(17)1971
Corrolla denga 5 kecepatan ukuran besar diproduksi di Amerika serikat

(18) 1973
Produksi pertama Toyota Cressida

(19) 1974
Toyota Foundation didirikan

(20) 1978
Toyota Landscruiser Diesel BJ-40 dijual di Jerman

(21) 1981
diciptakan.Toyota Landscruiser BJ4o dengan Discbrake

(22) 1982
TMC dan Toyota Motr Sales merger menjadi Toyta Motor Cooperation.

(23) 1989
Lexus diproduksi di Amerika serikat

(24) 1997
Prius generasi pertama diproduksi

(8) 1952
TMC meluncurkan Toyopet SD dan SF yang berhasil untuk Taxi

III. KOLEKSI MOBIL TOYOTA ASTRA MOBILE (TAM)
(1)1962
Toyota Corolla pertama di Indonesia, import .
Adiks aya memiliki mobil ini.

(2) 1974
Toyota corolla generasi kedua, asembling Toyota Astra Mobil ( CKD+ complete Knock down), saya memiliki mobil ini.

(3) 1977
Toyota Corona 1977 generasi pertama , assembing TAM (CKD) ,saya memiliki mobil ini. da pada tahun ini buat pertamakali TAM menciptakan Toyota Kijang generasi pertama dengan mesin corolla 1200 cc .Toyota Kijang generasi pertama diproduksi dalam bentuk sederhana pickup kotak yang dikenal denagn nama Kijang Buaya.

(4) 1981
Toyta Kijang generasi Kedua mirip generasi pertama, dikenal sebagai Kijang Doyok.

(5) 1983
TAM assemping CKD Toyota Landscrusier BJ-40 diesel.

(6) 1986
TAM produksi Kijang gerenasi 3 dikenal dengan Kijang super, bisa ngangkut banyak orang mulai dari ayah ibu ,anak sampai kakek nenek. Fullpress body
dengan chassis Panjang.

(7) 1989
TAM memproduksi semi assembling dengan campuran produksi lokal Toyota Corolla Twin Cam dan SE.

(8)1990-1999
TAM meluncurkan mobil sedan yang sangat terkenal dan laris saat itu Toyota Great Corolla, selanjutnya corolla SE yang kena korban banjir dan Tyta Capsul chassis panjang dan Pendek yang amsih alris sampai diluncurkan Toyota Innova.

(9) 1999
Corolla Altis

(10) 2000
Toyota Soluna ex Thailand generasi pertama

 

 
1974 UK
Toyota Corolla 1600 Magazine…
 
30550837
1970s UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30550836
1979 UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
 
30550835
1966 UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
 
30550757
1970 USA
Toyota Corona Magazine Advert
 
30550700
1970s UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
 
30539573
2004 UK
Toyota TV Advert (Grab)
 
30535313
2003 UK
Toyota Corolla TV Advert (Grab)
 
30534976
2003 UK
Toyota Vios Magazine Advert
 
30533420
1972 USA
Toyota Magazine Advert
 
30533419
1968 USA
Toyota Magazine Advert
 
30533418
1978 USA
Toyota Magazine Advert
 
30533417
1970s USA
Toyota Magazine Advert
 
 
30533415
1969 USA
Toyota Magazine Advert
 
30533414
1970 USA
Toyota Magazine Advert
 
30533413
1960s USA
Toyota Magazine Advert
 
30533412
1960s USA
Toyota Magazine Advert
 
30530050
1990s UK
Toyota Magazine Advert
 
30530049
2002 UK
Toyota Magazine Advert
 
30524745
2000s UK
Toyota Magazine Advert
 
30522945
1990s UK
Toyota Celica Magazine Advert
 
30522880
1995 UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
30522878
1990s UK
Toyota Corolla Magazine Advert
 
30566869
2010 UK
Toyota Magazine Advert
30566257
2010 UK
Toyota TV Advert (Grab)
 
30566245
2009 UK
Toyota Magazine Advert
 
30566244
2000 UK
Toyota Magazine Advert
 
30566243
2000 UK
Toyota Magazine Advert
 
 
30566187
1970s UK
Toyota Magazine Advert
 
30566186
1970s UK
Toyota Magazine Advert
 
30566152
2010 UK
Toyota TV Advert (Grab)
 
30566149
2010 UK
Toyota TV Advert (Grab)
 
30566148
2010 UK
Toyota TV Advert (Grab)
 
 
30566147
2010 UK
Toyota TV Advert (Grab)
 
30566146
2010 UK
Toyota TV Advert (Grab)
 
 
30514682
2000s UK
Toyota Magazine Advert
 
30512235
2000s UK
Toyota Magazine Advert
30560865
1971 USA
Toyota Magazine Advert
 
30503600
1990s UK
Toyota Magazine Advert
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s