Forum Komunikasi PURNADOKKES 2013

editor

Kombespol(p) Dr Iwan suwandy,MHA

email editor

iwansuwandy@gmail.com

fb(facebook) Iwan Suwandy

HALLO TEMAN-TEMAN PURNAWIRAWAN DOKKES SILAHKAN MENGIRIM KISAH KENANGAN MANIS ANDA SELAMA JADI ANGGOTA polri,

SEBAGAI CONTOH SILAHKAN MEMBACA KISAH KARANGAN EDITOR DIBAWAH INI

Pada tahun 2013 Editor memperoleh beberapa kenangan manis

pertama saya ucapkan selamat kepada Kapusdokkes yang baru

Brigjen Pol Dr FH Athur Tampi, saya jadi teringat saat bertugas bersama beliau di dokkes Kalimantan barat tahun 1994. saya teringat saat mantan Kapolda kalbar Kol Pol Ahmad Taher yang meninggal mendadak  saat berkujnung ke Pontianak, Dr Athur menelpon dari RS  dan saya bersama nya melihat saat terakhir Kol Pol Ahmad Taher

dirumah sakit Umum Daerah DrSudarso pontianak, Dr Athur tidak tahu bahwa almarhum dulunya adalah komandan saya sebagai kapolres Sawahlunto sijunjung saat saya nertugas sebagai perwira kesehatan di solok,batusangkar dan swahlunto sijunjung sumatera barat tahun 1974-1979 , dan  peristiwa Ibunya Dr Athur  sakit usus buntu saat ia menikah, upaya Dr Athur saat itu melakukan bedah mayat korban yang meninggal ditahanan polsek Siantan yang kemudian polsek itu diserang oleh keluarga tahanan, dan saya masih ingat perewira yang energik ini mengendarai mobil Toyota Kihjangnya, bersama-sama saya dan Dr Thri,Dr sugeng dan dr widodo kami membangun

Rumah Sakit Bhayangkata Polda kalbar di jalan KS Tubun Pontianak saat ini kepalanya adalah AKBP Dr Sugeng SpBedah tulang . dan membela kolega Kapt Pol  drg Nugroho(AKBP Purn) saat ada masalah, pertemuan  saat saya jadi kaladokpol  dicipinang dan saya mengajak dr Athur ke Mal kelapa gading makan steik,  beli jeans sisa ekspor dan masih banyak lagi kienangan indah saat bertugas bersama di Kalimantan barat, saya meminta Dr Athur membantu sya dalam operawatan Kapolda Pak bagong yang muntah berak sampai lemas, dipasang infus drip serta kosnultasi dr dan dengan pengobatan ciproxin setiap enam jam , pak bagong sembuh dalam satu hari dan besoknya taanggal 1 juli 1993 dapat bangun dan menjadi inspektur upacara sehingga banyak orang jadi heran. Pertemuan tahun 2001 saat saya baru pensiun di akadsemi Perekam Informasi kesehatan di Deventer bandung, saat itu dr Athur sebagai Ka Sike Poltabes Candung, kemudian saat Dr athur jadi sesdis dokkes Polda Metro, dan terakhir saat dr athur sebagai sesdikokkes POlri .

lihat foto dr athur sebelum jadi jendral dibelakang Kabid Dokpol Pusdokkes Polri dan Direkutr eksekutif  DVI POLRI  Kombespol dr Castelani, siswa dikjur Dokpol saya yang pertama

Saya belum bertemu dengan dr Athur Thampi sejak belaiu jadi Kapusdokkes ,pernah nelpon tetapi ia sedang rapat, mungkin pada pesta anaknya Kombospol(p) Djoko Ismoyo 29 sepetember yang akan datang di halim bisa bertemu dan bernostalgia kembali saat dinas di kalbar.

Sekali lagi selamat Jendral Athur semoga selalu sukses.mungkin orang tua anda terkesan dengan jendral Mac Athur sehingga anda diberi nama yang sama,foto diatas bersama Kombespol Rizul Kalafipol, saya bertemu rizul dan selalu ia bercerita tentang penemuan-penemuan obat baru, saya jadi ngat mertuanya dr Mata dari  Rumkit Bjayangkara Makasar.

Dr Dodi saat berpisah di RS Bhayangkara Polda Sulawesi Selatan Ompu Odang Makasar,masih kelihatan AKBP Maparapae yang saya kenal saat kesana dimasa Karumkitnya Kombespol Drg Peter Saelangi, sebelumnya Kombespol Dr Adam  dan pernah juga teman saya almarhum Let.Kol Pol dr Putera uthara.Saya juga bertemu di jkarta dengan AKBP Dr Didiet Sp THT Kabid Dokkes Polda Jogya saat pesta perkawinan putranya Ka Ba reskrim POLRI di balai Samudra Kelapa Gading Jakarta.

Pada Tanggal 8 Februari 2013 malam ada tilpon dari Dr Djoko mengundang saya menghadiri serah terima

KARUMKIT BHAYANGKARA TK I RS SUKANTO

dari brigjen Pol Dr Agus kepada

Koombespol(sekarang brigjen) Dodi.

Sayang saya tidak dapat hadir karena persis saat yang sama ada acara keluarga menyambut kari raya Imlek.

Februari 2013

Saya jadi ingat saat bertemu Brigjen Dodi di Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara,

ia memang sangat kreatif mengembangkan suatu Rumahsakit TK IV dibekas Asrama disana berkembang dari cikal bakal yang ditinggalkan Kombespol(P) Dr Tindih Toruan. Dari karya tersebut saya sudah dapat melihat kreativitasnya dan saat itu sudah dapat meramalkan bahwa suatu waktu ia akan jadi seorang Kepala Rumah Sakit di Jakarta ternyata benar juga. Selamat Dr Dodi semoga jendral berhasil mengembangkan RS RS Sukanto dimasa mendatang.

September 2013

Saya bertemu dengan Drg Eko yang lokasi rumahnya disebelah

RS Ghra Kedoya

dimana isteri saya bekerja saat setelah kontrol pasca bedah mata katarak disana dengan Dr Supit ,Rumah Drg eko persis disebelah rumah sakit Ghra Kedoya di sunrise garden jalan panjang jakarta barat. dan isteri saya pernah bertemu dengannya dirumah sakit, ternyata isteri drg Eko juga sudah operasi katarak 2 tahun yang lalu disisni juga dengan Dr supit

saat bertemu dengan Dr Eko dan isterinya ternyata Drg Eko dulu pernah bertugas di Polda Kalbar semasa Kapoldanya Anton Sujarwo, Drg Eko tetap sebagai pegawai Sipil sampai pensiun karena tidak memenuhi syarat tingginya untuk ikut Sepawamil tahun 1985 ia pindah ke Mabes POLRI, sedangkan saya bertugas sebagai Kadisdokkes Polda kalbar sesudah ia pindah  ke Mabes tahun 1990-1994, dan tahun 1994 bertemu dengan Drg eko saat berftugas di Subdisyankes yang kantornya bersebelahan dengan saya sewaktu jadi Kabagbinsis dan kemudian asubdisdukkes  ,saat itu kita sering main tenis dengan Kadiskokkes Polri brigjen Dr Hendro bertemu dengan Brigjuen Aidirawas (saat itu Mayor Pol kes denma mabes), juga dengan almarhum Dr Budi (Ka Rumkit RS Sukanto) sebelum Dr Binsar simorangkir dan almarhum Dr Ismadyah.

Isteri Drg Eko ternyata juga Drg ,saat di Kalbar sebagai kepala Kesehatan Gigi Dinas Kesehatan Sipil disana, saat itu ia sering masak dan disenangi oleh Jendral Anton sujarwo(alm) yang kemudian jadi KAPORI, setelah pindah ke Jakarta dia jadi berkembang dari hobi jadi membuat perusahan katering yang saat ini sudah berkemabng dengan pedat sehingga profesi drg sudah ditinggalkan mereka suami isteri.

Saya jadi teringgal saat Pak Harto lengser 28 maret tahun 1998,

saat terjadi chaos , tempat usaha kateringnya mau dibakar massa,

Drg Eko menelpon saya ke MABES POLRI, saat itu sedang berada di sana karena diperintahkan mewakili Kadisdokkes Polri untuk menghadiri perayaan Paskah Umat Kresten di aula bhayangkari, dan semua anggota terjebak tidak dapt pulang sampai malam hari karena takut di bakar massa kendaraanya, saya pagi itu sebagai Ka La Dokpol di Cipinang memang sudah menyiapkan kamuflase dengan mengikat daun-daunan dipagar agar tidak kelihatan kantor Ladokpol, saya jam sembilan pagi naik kendaraan pribadi karena sudah diberitahu supaya jangan pakai kendaraan dinas bisa dibakar massa ,liwat jalan tol yang sangat sepi.

Siang itu drg eko menelpon ke Disdokkes Polri minta tulung agar ada anggota yang menuju tempat tinggal sekjalain tempat usahanya di Green garden jalan panjang Jakarta Batar, saya menelpon Kapolsek diwilayah itu dan mereka mengirim anggota, untung saat itupekerja Drg eko banyak berasal dari jawa,pada keluar kedepan rumah dan mohon jangan dilempari bartu dan dibakar, dan rumah dan tempat usaha Drg eko selamat.

Saya sendiri baru keesokan pagi jam 3.00 dini hari mencoba kembali kerumah, putra saya saat itu baru selesai pendidikan di Geologi ITB sedang ada dirumah, sehingga ada komunikasi, saat berjalan dijalan tol kelihatan banyak pemuda disana, saya sendiri naik mobil pribadi Toyota Hardtop Landcruiser yang bnayak stiker Geologi ITB dari putra saya, saat ketemu pada pemuda saya mengangkat tanggan dan mereka menyangka saya mahasuiswa jadi tidak diganggu,di sepanjang jalan banyak mobil rusak terbakar, dsn saat menuju ke Kelapa Gading kelihatan iring-iringan mobil dinas angkatan laut yang mungkin dari kantor mereka di Cilangkap, saya ikut bergabung, dan saat mau berbelok ke jalan prtoklamasi kelihatan bangunan di pasar Pulo mas didepan kelapa gading terbakar,jadi saya berbelok kemkbali dan masuk ke kerlapa gading dari perumahan marinir yang lkasinya disamping gereja jakobus kelapa Gading, dan saya selamat sampai di rumah,  dan besoknya kelihatan banyak panser marinir berjaga-jaga disekitar kelapa gading, beberapa hari kemudian mobil dinaas dan mobil pribadi saya ,dititipkan dikantor Ladokpol di Cipinang.

Kisah lengkap situasi yang saya alami dan foto-fot serta koleksi surat kabar yang saya kumpulkan akan saya buat suatu buku agar generasi penerus jadi tahu apa yang sbenarnya terjadi.

Saat inilah hampir selama 2 tahun saya membantu  Brigjen Pol dr Pamuji dalam pengamanan Kesehatan pasukan pengaman POLRI di Polda metro.

Pada Bulan september 2013 ini saya bertemu dengan Kombespol Dr Sjafrizal Wakarumkit Bhayangkara RS Sukanto,

saya dilayani dengan sangat baik untuk mencabut satu gigi graham saya bawah belang yang crownnya patah, dan dibantu oleh Drg Farid a Aritonang, saya cari Kombespol (P) Drg Nila Utama bekas anggota saya di Polda Sumbar dulu ternyata sudah pensiun, drg Farida Aritonang du;lu anggota Ladokkpol dan pernah bertemu saya saat jadi kaladokpol melapor selesai pendidikan ahli bedah Mulut. Seminggu setelah gigi dicabut saya harus kiontrol untuk mencabut benang ikatan pada gusi saya, saya ke ladokpol mencari drg S8indi bekas anggota saya di Ladokpol dulu ternyata mereka sedang bertugas keluar kota, ketemu dengan pengemudi Ladokpol ,dulu pernanh mengemudikan mobil dinas saya , menurut dia Ladokgi yang sekarang jadi LKOK sudah mendirikan poliklinik di sebelah kantor Dir Logistis mabes POLRI di Cipinang,dibelakan Ladokpol(saat ini Bidokpol), saya ke sana dan masih bertemud engans eorang drg wanita yang masih ingat dengan saya, dan membantu mencabut benang dari bekas jahitan digigi saya yang telah dibaut, banunan LKOK benar-benar bagus memiliki lift dan cukup modern dan bersih, selamat kepada Kapusdokkes atas bangunan yang megah tersebut, saya mencari drg yang saya kenal ternyata sudah pensiun ,mereka masih prkatek di Klinik tri Brata kebayoran baru, seperti Drg Kadaryati dan Drg sinta,klinik megah ini adalah karyanya

brigjenPol(P) Dr Pamuji Santoso.

saya jadi teringat dengan LDOKGIPOL  semasa kepalanya Kombes Pol Drg Subroto (alm)

LADOKGIPOL

Lembaga Kedokteran odontologi KePolisian(LKOK)

Lembaga Kedokteran Gigi Kepolisian disingkat Ladokgipol adalah unsur pelaksana fungsi pada Disdokkes Polri yang bertugas menyelenggarakan/melaksanakan Pembinaan teknis fungsi Pelayanan Kesehatan Gigi Masyarakat Polri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan gigi dan Dukungan Kesehatan pada tugas operasional Kepolisian, baik pada tingkat Mabes Polri maupun di tingkat Kewilayahan.

Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut di atas Ladokgipol berfungsi :

1) Menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan kegiatan kesehatan gigi dan mulut di lingkungan Polri berupa penyiapan kebijakan, petunjuk-petunjuk, sistem dan metoda untuk dijadikan pedoman pelaksanaan tugas.

2) Menyiapkan dan menyusun rencana dan program kegiatan pembinaan kesehatan gigi dan mulut Disdokkes Polri.

3) Menyelenggarakan kegiatan pengarahan, pemantauan analisa dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kesehatan gigi di seluruh jajaran Polri.

4) Menyelenggarakan pembinaan kemampuan personel kesehatan gigi dibidang kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif gigi dan mulut di jajaran Polri.

5) Menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan pelaksanaan identifikasi gigi dan mulut dan pengolahan data odontogram di jajaran Polri.

6) Menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan pelaksanaan kegiatan odontologi forensik.

7) Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan tentang ilmu, sistem dan metoda serta sarana Ladokgipol Kepolisian.

8) Melaksanakan kegiatan latihan ketrampilan di bidang Kedokteran Gigi baik bagi para petugas kesehatan maupun petugas operasional Polri dalam rangka meningkatkan kemampuan.

9) Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kadisdokkes Polri mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan bidang tugasnya.

10) Melaksanakan administrasi operasional untuk pendataan dan pemantauan kegiatan kesehatan gigi dan mulut di jajaran Polri.

Banyak kenangan masa lalu saat berjumpa dengan mantan anggota, jadi teringat peristiwa masa lalu.

Sekian

Leave a Reply

