Koleksi Delapan Cerpen Terbaik Nasional Dan International

DELAPAN CERPEN TERBAIK NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Marilah kita membandingkan empat cerpen yang dikarang oleh penulis nasional  terkenal dengan empat cerpen ditulis eorang penulis Internasional yang telah tersohor,dan memperoleh hadiah Putlizer serta  menjadi kaya  dari profesinya. apakah sebenarnya perbedaannya sehingga penulis nasional yang karyanya cukup setara dengan penulis internasional itu tidak menjadi terkenal di seluruh dunia dan belum memperoleh penghargaan internasional serta hidup dalam keadaan yang jauh berbeda?

Sebelum menjawab pertanyaan itu marilah kita baca cuplikan karya mereka:

I. EMPAT CERPEN PENULIS TERKENAL DI INDONESIA

1.SUKA DAN DUKA (Soekanto S.A)

Ku seekor kepinding. Di daerahmu mungkin aku disebut pula Tinggi, Tumbila atau yang paling tak kusuaki :”Bangsat”. Mengapa ? karena sebetulnya tak ada bangsat didunia kepindingh. Kami hanya hidup secara jujur,menghisap darah manusia yang kebetulan berada dekat kami, orang-orang yang duduk dikursi,tidur di tilam tikar dan sebaginya.

Aku sudah tua sekarang. Sudah banyak anak dan cucu. tetapi aku tetap tak dapat melupakan pengalamanku dengan seorangf kawanmu,Boris namanya. Boris memang anak nakal. Tangannya seolah tak mau diam. Ada saja yang dikerjakannya untuk menganggu kawannya, ia anak orang kaya, Rumahnyaindah dan bersih. Ia mempunyai persedian DDT, karenanya bansa nyamuk dan bangsaku tak ada dirumahnya. ketiak itu, aku belum dtang. pada suatu hari sepulang dari sekolah ,Boris diajak kawan-kawannya menegok adik Mamat yang dikhitan. Karena memang agak banyak yang diundang,ayah Mamat telah menyewa kursi-kursi dari Balai Pertemua. Berita duduk di kursi tempat tinggalku. aku memang berasal dari kursi-kursi balai Pertemuan itu. Kulihat paha Boris yang putih. asku memang lapar karena lam kursi-kursi itu tersimpan di gudang. Cepat sekali kugigit pahanya. aduh enaknya darah Borias! Gurih. Mungkin karena Boris selalu makan makanan yang baik.(DDT saat ini sudh dilarang beredr karena mengandung racun, diganti dengan obat nyamuk jenis lain Baygon dsbnya-pen)

2.BERBURU KUDA DI TIMOR (Ris Therik)

Sesudah melewati hutan lentana dan tiba disuatu padang yang agak luas, terlihatlah oleh kami beberapa ekor kuda jantan bewarna hitam bersama beberapa ekor kuda betina. Kuda-kuda itu menghindari kami, biarpun kami masih jauh sekali, sehingga terpaksa mengejarnya.Kira-kira sepuluh kilometer kami mengejar, barulah kuda-kuda itu tersusul. Akan tetapi waktu itu kami merasa agak kecewa, sebab si Hitam yang kami cari tidak terdapat diantaranya.

3.GENDERANG PERANG DARI WAMENA(Djokolelono)

“Barang-barang ini diambilnya sendiri dari sana?” “Bukan. sebelum Tuan Nico kesana,oh, jauh sebelum Irian Jaya dikembalikan pada Republik Indonesia,” Adi selalu menyebut nama Indonesia dengan lengkap.”sebuah ekspedisi dikirim untuk menyelidiki keadaan penduduk pedalaman Wamena. dan agaknya inilah hasil-hasilnya”

“Kenapa sampai bisa berada di tangan Tuan Nico itu ? dan kenapa diberikan pada ayahmu?”

“Pertanyaan pertama, aku tidak tahu. Pertanyaan kedua, kudengar Tuan Nico berkata bahwa ia mendengar musium di Republik Indonesia banyak kekurangan benda-benda purba dari Irian Jaya”.

“Ini benda-benda purba?” Tanya Yunato heran.”kukira buka. tapi mungkin dimaksud oleh Tuan Nico adalah barang-barang milik penduduk asli””Oh lihat, ada genderang. Pasti ini sebuah genderang perang atau untuk mengirim berita ?”

4.NOSTAGIAL NUSATENGGARA(Gerson Pyok)

Aku terkejut.Jantungnya menderu seperti mesin. Hatinya tersinggung. Siapakah yang dapat menolong dia dari tuduhan yang berdasarkan pikiran yang lohis itu? Tiada ikan-ikan yang mencuri. belut yang panjangpun tidak meraih sepatu. Hanya manusialah yang mencurinya. Ia menyadari bahwa ia tertangkap kedalam gerongga hilangnya sepatu tuan pastor itu. Demi kebenaran yang usia hayati sendiri di muka bumi ini, kebenaran yang kini tidak bisa dihayati oleh pastor- karena dituduh tidak-tidak nencuri epatu,” kata Alo dalam kebingungan, penyesalan, kengerian dan kesunyian atau entah apa lagi lukisan yang patut diberikan kepada seorang yang baru selesai membunuh.

Polisi mengeleng-geleng kepala sambil menyuruh dia duduk di lantai. Kepalanya terkulai lalu. Ia cape sekali lalu tertidur. Tidak lama kemudian seorang anggota polisi lain mengoyang-goyang kepalanya. Matanya yang merah, semerah darah yang telah ditumpahkab,membelalak kaget melihat sang polisi mengoyang-goyangkan sepatu yang telah robek didepannya.

IV, EMPAT CERPEN PENGARANG LUAR NEGERI PEARL S.BUCK

1. MAUT DAN FAJAR

 Mereka masuklah, anaknya, seorang anak muda yang tinggi, mukanya yang sederhana membayangkan kecemasan. Isterinya seorang perempuan berkulit kuning, berbadan ramping, yang menangis dibalik sapu tangannya, dan anaknya yang perempuan, cantik lagi muda dan mempunyai kulit kehitam-hitaman seperti ayahnya. Nona Martin telah mengenal mereka sekalian George,Ruth dan Mary. Mereka merupakan keluarga yang mesra, tiap-tiap orang niscaya dapat melihatnya. Anak-anak itu telah datang tiap-tiap hari melihat ayahnya. Mereka telah mempertimbangkan bersama-sama untuk operasi orang tua itu.Operasi itu sesungguhnya telah berhasil-buktinya , ia telah dapat memperpanjang umurnya untuk tiga bulan tinggal dalam kamar yang sempit itu.

2.KUPUI-KUPU PUTIH

Kata-kata itu berhasil seperti kata-kata percakapan seseorang, suara itu berhenti seperti suara seseorang. Sekaliannya ialah alat-alat yang menceritakan kepada saya dalam keterangan mana sekarang yang baru yang sangat tajam, yang lebih dikenal dengan sandiwara. Pikiran saya berjalan bersama-sama dengan alat-alat itu, mengambarkan masa yang lampau. Sebuah desa dekat Sungai Yagtse, dan tealh berapa banyak saya melihat desa-desa seperti itu, masing-masing merupakan sekelompok rumah-rumah berdinding bata,beratap genteng di Cina tengah! Pada jalan di tengah-tengah rumah-rumah orang miskin da sebuah gerbang yang menuju perkampungan yang dikeliling tembok. Ditengah-tengah perkampungan itu ada sebuah puri kepunyaan tuan tanah, menurut ukuran desa ia kaya, memilki tanah kira-kira dua puluh acre, barangkali dua puluh kali lipat yangh dimilki oleh petani-petani desa biasa.

3.PEREMPUAN RUPAWAN

Nyonya Omura melihat ke jam dapur. Hari baru pukul lima tetapi gelap musim dingin telah menyelimuti seluruh kota Tokyo. Kanak-Kanak seharusnya pada waktu semacam itu telah masuk kedalam rumah serta dapa tdiharapkan kedua belah kaki Setsu tidak basah lagi. Sekalipun gadis itu baru dua belas tahun usianya, pastilah ia telah mengetahui sebaik-baiknya, ia seantiasa tenggelam dalam ingatan, ia salah seorang diantara gadis-gadis jalanan sekarang.

4.PANGLIMA DAN PEMIMPIN

 Panglima itu berdiri pada sebuah Jangur pegunungn Tibet dan memperhatikan pertempuran  sebuah batalyonnya yang panjang tipis melalui jalan pegunungan yang sempit, kepala-kepala serdadunya tertekur menyongsong angin kencang. seibu orang berbaris stu-satu, masing-masing dengan senjatanya ! Mereka tentara yang tidak terkalahkan, tentara terbaik di dunia, demikian menurut keyakinan panglima itu sendiri dan ia berteriak untuk mmeberikan semangat kepada mereka.

KESIMPULAN

Setelah membaca cuplikan delapan tulisan tersebut diatas, ternyata penulis Indonesia memiliki kemampuan hampir setara dengan penulis luar negeri, kenapa merak tidak memeroleh penghargaan Internasional seperti pengarang Peal S. Buch, jawabannya Pelar S. Buch berada pada tempat dan waktu yang tepat , dimasa informasi sulit diperoleh dari nagara komunis Cina masa revolusi kebudayaan dan berada di Amerika Serikat yang rakyatnya sangat senang membaca buku serta menghargai pengarang, sedang penulis Indoensia berasa saat tepat , dimana Indonesia saat itu sedang dalam masa pembangunan yang belum berhasil dengan baik dan rakyat Indonesia tidak suka baca buku serta tidak menghargai profesi pengarang sekitar tahun 1970-1980 ,karena itu bila mereka berkarya saat ini mungkin situasinya lain atau tetap status quo masih tidak suka baca buku dan masih banyak pembajakan buku ??? opini terserah pembaca.

Selesai @hak cipta Dr iwan suwandy 2010.

8 thoughts on “Koleksi Delapan Cerpen Terbaik Nasional Dan International

  1. Rosayana r September 1, 2013 / 10:25 pm

    Saya suka cerpen ini.

    • iwansuwandy September 4, 2013 / 4:39 am

      terima kasih sudah mampir di web saya

  2. Hubert October 25, 2013 / 3:51 pm

    keren cerpenya

  3. zahra December 19, 2013 / 5:49 am

    kalo cerpen cinta ada gak disini..kayak cerpen karya kristy nelwan yang jdulnya L

    • iwansuwandy December 20, 2013 / 1:02 am

      sebenarnya ada bayak cerpen cinta dalam koleksi saya tetapi karena keterbatasan tempat tidak diupload,bila andsa mau dapat saya upload dengan syarat satu cerita anda harus mengirim biaya operasional ,kontak email saya
      iwansuwandy@gmail.com
      terimm aksih sudah menghubungi saya

  4. atsil January 15, 2016 / 2:14 pm

    rumahnya di mana kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s