Diskusi antara Kristen dan Muslim tentang ” JESUS DAN KRISTEN”

                             

                                            KREASI Dr IWAN S

                    BERDASARKAN PENELITIAN INFO DARI DUNIA MAYA 

PUBLIKSI PRIBADI E-BOOK TERBATAS KHUSUS UNTUK ANGGOTA PREMIUM

PENGANTAR

1.Pada masa era orde lama dan orde baru , karya tulis tentang Jesus dan Maria dalam kitab suci Al Qur”an di larang , sehingga banyak generasi muda di Indonesia kurang memahami bagaimana pandangan umat Muslim terhadap Jesus dan Bunda Maria. Seluruh info sesuai asli , nama penulis dirahasiakan, tidak ada perubahan  , sesuai asli.

2. Pada masa Reformasi dan dipicu oleh berkemabngannya globalisaasi serta kemajuan sistem komunikasi terutama dengan maraknya informasi di facebook, twitter dan berbagai penyedia sistem blog di Internet, menyebabkan tidak dapat di cegah lagi keterbukaan mengenai religius terutama pendapat berbagai ahli yang mendalami kitab suci baik injil perjanjian lama dan baru serta Qur”an.

3. Hal tersebut diatas menyebabkan generasi muda saat ini sudah masanya memeahami berbagai informasi dan pendapat berbagai penganut agama, baik muslim maupun kristen yang sangat fanatik dengan apa yang mereka tekuni dan pedomani dalam hidupnya.

4. sehubungan dengan hal tersebut diatas penlis telah melakukan suatu penelitian pribadi terhadap berbagai pendapat para ahli dan kaum awan tentang kitab suci dari sudut pandangan mengenai  Jesus dan Maria.

5. Semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi seluruh umat baik Muslim dan Kristen , tentu umat agama lain, sehingga tidak terjadi benturan dan pergeseran diantara mereka, dengan bemikian dapatlah diciptakan suatu situasi harmosis diantara umat beragama di Indoneisa, yang sudah mulai menjadi panutan bagi negara adidaya seperti euro dan Amerika Serikat, tentunya juga Cina, jepang, Korea serta Asean dimana terdapat multi religius hidup berdampingan.

6.Penulis menyadari tulian ini pasti banyak kekurangannya, sehingga komentar, kritik serta saran perbaikan sangat didambakan.

7. Terakhir terimakasih kepada berbagai pihak yang nama-namanya tetap dirahasiakan demi untuk privacy yang bersangkutan.

8. E-book lengkap ,edisi terbatas, hanya untuk anggota premium saja tidak untuk diperjual belikan atau disebar luaskan ke khalayak ramai.karena informasi ini sangat peka,dan dapat disalah gunakan untuk kepentingan sesuatu golongan, ambilah hikmahnya, manfaatkan untuk menciptakan tolerasi beragama agar bangsa dan tanah air kita Indonesia jadi aman dan sejahtera, antar agama akan saling menghormati karena tujuannya sama menuju ke pada Yang Mahakuasa dan Maha Adil dengan keyakinanmasing-masing. Amin

BAB SATU : TUHAN JESUS ATAU NABI ISA

1) MENURUT UMAT ISLAM

(1)Kami orang menyebut umat pengikut Yesus/Isa a.s adalah umat “Nasara/Nasrani

(2)Jika anda mengatakan Yesus tidak membawa agama Kristen, melainkan membawa nilai universal tentang cinta kasih, ketulusan dan perbuatan2 sesuai kebenaran lainnya. Saya setuju! sepertimana nabi2 lainnya juga berbuat sama.

(3) Banyak pernyataan dari tulisan yang saya sepakati, karena ternyata memang gak jauh beda dengan ajaran2 Islam yang saya ketahui. Seperti soal esok lebih baik, bersesuaian dengan Hadis Nabi Muhammad: ” Barang siapa yang didapati hari ini sama dengan hari kemarin maka ia dalam kerugian, Dan barang siapa yang ia dapati lebih buruk dari hari kemarin berarti ia terhalang

2) MENURUT UMAT KRISTEN

(1)tidak merujuk kepada agama tertentu, tidak berarti bahwa untuk sampai ke Bapa di surga kita harus menjadi seorang Kristen. “Akulah jalan dan kebenaran” tampaknya tidak mengacu kepada Yesus sebagai pribadi, atau Yesus sebagai Nabi, atau Yesus sebagai anak Allah, tetapi mengacu kepada ajaranNya tentang kasih, tentang ketulusan, dan tentang perbuatan. Ajaran Yesus tentang kasih memang memiliki sisi yang berbeda dengan ajaran nabi sebelum dan sesudah Yesus

(2)saya cuma bisa bilang bahwa :”dengan mulut saya mengaku dan dengan hati saya percaya, bahwa Jesus Kristus adalah anak Allah, sang juru selamat dunia” titik. mau bilang injil palsu keq.injil bohong keq, EGP, emang gue pikirin. sekalipun dunia ini akan musnah, kepercayaan ku kepada JC tidak akan luntur. sekali kristen tetap kristin. Haleluya sampai Marantha……amin

BAB DUA  : KRISTEN ATAU NASARANI DIMATA UMAT ISLAM

Kami orang menyebut umat pengikut Yesus/Isa a.s adalah umat “Nasara/Nasrani”. Seperti nabi kami Muhammad ajarkan. Sesuai dengan asal Yesus yang orang Nasara/Nazareth. Dan belakangan, banyak yang ikut2an menyebut dengan Kristiani.

BABA TIGA:KISTEN ATAU NASARANI DIMATA UMAT KRISTEN

1)Yesus bukan pembawa agama, tidak ada perintah Yesus agar kita menganut agama tertentu. Tidak ada satupun ucapan Yesus tentang agama. Para pengikutNya-lah yg menyebut diri mereka sebagai Kristen, artinya pengikut Kristus

BAB EMPAT: JESUS DIMATA UMAT MUSLIM

1) 

Sebagai seorang Islam, tidaklah lengkap iman Islamnya jika tidak beriman kepada Yesus kristus/Isa alahi salam. Tapi, sebagai nabi. Dia salah satu nabi yang terkemuka. Disini mungkin menjadi pangkal perbedaan antara umat Islam dan umat Kristiani. Tapi, kami sepertimana Nabi kami Muhammad SAW ajarkan. Harus menghormati keyakinan umat lain.

BAB LIMA:JESUS   DIMATA UMAT KRISTEN

Yesus : “Akulah jalan dan kebenaran, tidak ada satupun yang sampai ke Bapa tanpa melalui Aku“, tidak merujuk kepada agama tertentu, tidak berarti bahwa untuk sampai ke Bapa di surga kita harus menjadi seorang Kristen. “Akulah jalan dan kebenaran” tampaknya tidak mengacu kepada Yesus sebagai pribadi, atau Yesus sebagai Nabi, atau Yesus sebagai anak Allah, tetapi mengacu kepada ajaranNya tentang kasih, tentang ketulusan, dan tentang perbuatan. Ajaran Yesus tentang kasih memang memiliki sisi yang berbeda dengan ajaran nabi sebelum dan sesudah Yesus.

Inilah pokok ajaran Yesus yg sangat jelas membedakan Dia dengan Nabi-nabi sebelum dan sesudahnya.

“setiap orang yg marah kepada saudaranya harus dihukum; siapa yg berkata kepada saudaranya: kafir! harus dihadapkan ke mahkamah agama dan siapa yg berkata :Jahil! harus diserahkan ke neraka yg menyala-nyala.

Melalui ayat ini Yesus meminta agar kita menjauhi rasa amarah, tidak memfitnah : kafir!. sebelum kedatangan Yesus, istilah kafir sangat sah digunakan, tetapi kemudian Yesus melarang kita menuduh “kafir” terhadap siapapun.”

BAB ENAM: INJIL DIMATA UMAT MUSLIM

1.Pemalsuan Injil ?

1) “injil telah dipalsukan”, “hanya 20% dari isi injil sekarang yang asli”, “injil asli disembunyikan di Vatikan”. Tetapi tidak pernah satu orangpun yang mengaku pernah melihat injil asli, atau membacanya, atau mengetahui dimana persisnya yang asli. Juga sejumlah tulisan yang mempertanyakan status dan posisi Yesus di antara para nabi-nabi. pada tulisan ini saya sedikit menuliskan hakekat dari ajaran Yesus yang saya kutip dari Al-Kitab yg ada saat ini.

2)Soal injil pernah di ajarkan Yesus, dan mana yang asli dan yang palsu. Jawaban kami orang Islam, kami mengimaninnya…Dan yang mana asli dan palsu, tidaklah kami mengetahui mana yang asli. Jadi, entah di Vatikan atau dimana tidaklah tahu. Tapi, yang jelas kami mengimaninya

3)

Saudaraku, saya muslim. Saya sangat mengahargai non muslim. Soal ada yg menganggap kitab suci saudara ada bagian yg di palsukan, jangan kecil hati. Amalkan saja ajaran-nya. Tidak baik orang yg beda keyakinan menilai kitab suci orang lain kemudian penilaian itu di publikasikan. Kalau untuk dirinya sendiri, silahkan saja.
Soal untuk menggapai surga, Islampun mengajarkan tidak dapat di capai hanya dengan usaha manusia. Kalau nanti kita sampai juga di surga (semoga), itu semata karena rahmat ALLAH YaNG MAHA PENGASIH, MAHA PENYAYANG.
Mari kita mengamalkan ajaran agama kita masing – masing. Selama kita di dunia, untukmu agamamu, untukku agamaku. Perkara iman, serahkan pada hakim YANG MAHA ADIL.

2.PENDAPAT TENTANG KITAB SUCI

1)Kitab suci untuk diimani, dihayati, dan diamalkan. Jika kita baca suatu kitab suci mengatakan ada kitab suci lain yang diturunkan/diajarkan sebelum kitab suci yang kita baca sekarang ini. Maka, yakini dan imani saja. Tanpa harus mencari mana kitab suci yang terdahulu. Karena, tidak ada petunjuk atau perintah untuk melakukan hal tersebut. Dan juga kitab suci yang kita baca tidak pula menerangkan, kitab yang terdahulu yang asli adalah disana atau disuatu tempat tersembunyi, dsb…

So, keimanan terhadap kitab2 suci yang terdahulu adalah yang diutamakan. Jadi, Saya sebagai Muslim hanya ingin mengimaninya kitab2 suci sebelum Al Qur’an itu saja

Mengimani kitab terdahulu tanpa harus cari tahu dimana kitab yang terdahulu yang asli. itu ajaran yang ada pada Islam. Kami sudah punya Al Qur’an

2)

saya setuju dengan Taurat, Zabur, Injil, yg diimani Islam berbeda dgn yg diimani Kristen..
alasannya adalah, bagi Islam ketiga kitab tersebut sudah berubah isinya, dan tidak dipakai lagi sebagai landasan hukum, hanya cukup diimani saja bahwa Tuhan pernah menurunkan kitab tersebut..
sedangkan bagi saudara saya kristen mengimani bahwa ketiga kitab tersebut paripurna dantetap dipakai sebagai landasan hukum

BAB TUJUH : INJIL DIMATA UMAT KRISTEN

1. . INJIL PALSU?untuk masalah Injil itu palsu atau asli, siapa yang bisa membuktikan kebenarannya?
dan lagipula, apakah munkin Vatikan mengubah isi Injil (Injil itu adalah kitab matius,markus,lukas dan Yohanes)
lagipula, kalau diajarkan yang palsu, kenapa isinya mengajarkan kebaikan dan kebenaran?
TIDAK MUNGKIN Yesus, yang adalah Tuhan bagi kaum ku dan dianggap nabi yang besar bagi agama tertentu, mengajarkan kebencian dan ketidakbenaran.
Oleh karna itu saya percaya Injil adalah benar adanya.

2.PENDAPAT TENANG INJIL ? Ajaran Yesus tentang kasih memang memiliki sisi yang berbeda dengan ajaran nabi sebelum dan sesudah Yesus.

Inilah pokok ajaran Yesus yg sangat jelas membedakan Dia dengan Nabi-nabi sebelum dan sesudahnya.

Mat 5, 21; kamu telah mendengar yg difirmankan kepada nenek moyang kita: jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. 22; tetapi Aku berkata kepadamu: setiap orang yg marah kepada saudaranya harus dihukum; siapa yg berkata kepada saudaranya: kafir! harus dihadapkan ke mahkamah agama dan siapa yg berkata :Jahil! harus diserahkan ke neraka yg menyala-nyala.

Melalui ayat ini Yesus meminta agar kita menjauhi rasa amarah, tidak memfitnah : kafir!. sebelum kedatangan Yesus, istilah kafir sangat sah digunakan, tetapi kemudian Yesus melarang kita menuduh “kafir” terhadap siapapun.

Mat 5, 27; Kamu telah mendengar firman jangan berzinah: 28; tetapi aku berkata kepadamu setiap orang yang memandang perempuan dan menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

Yesus meminta agar hati dan pikiran kita bersih, sebab dosa bisa berasal dari pikiran, maka kita juga harus mengendalikan pikiran dan niat kita. Kalau di dalam hukum manusia, yang bersalah adalah orang yang sudah melakukan tindakan mencuri, tetapi Yesus mengajarkan bahwa pikiran atau niat mencuri juga adalah dosa. pikiran harus bersih.

Mat 5, 37; Jika ya hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak hendaklah kamu katakan : tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat.

Yesus meminta kita untuk jujur, apa adanya

Mat 5, 38; kamu telah mendengar firman: mata ganti mata, gigi ganti gigi. 39; tetapi aku berkata kepadamu: jangan kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

Tentu bukan arti harfiahnya yang mau disampaikan, tetapi Yesus meminta kita untuk menjauhi sifat balas dendam. sifat balas dendam akan melahirkan lingkaran kekerasan yang tak berkesudahan. Apabila para nabi lain mengatakan bahwa kekerasan sah dibalas dengan kekerasan, Yesus mengajarkan kekrasan harus dihadapi dengan kelembutan .Ayat ini tampaknya menjadi acuan yang dipakai Mohandas Gandhi.

Mat 5, 43; kamu telah mendengar firman: kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. 44; tetapi Aku berkata kepadamu: kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. 45; karena dengan demikian kamu menjadi anak-anak Bapamu di sorga, yang menerbitkan matahri bagi orang yang jahat dan yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

Yesus meminta kita untuk mengasihi dan mendoakan seluruh umat manusia, baik yang jahat maupun yang baik, yang benar maupun yang tidak benar. Mengapa? karena kalau kita hanya mengasihi saudara kita, kita tidak berbeda dengan para penyamun, karena mereka juga mengasihi saudaranya.

Semua ajaran Yesus di atas sifatnya universal, tidak dibatasi tempat dan waktu. Apakah ada di antara pembaca yang bisa menunjukkan ajaran mana yang diperuntukkan hanya untuk Kristen?, atau hanya berlaku di saat tertentu saja?. Kejujuran, ketulusan, cinta kasih, tidak ada sifat balas dendam, tidak mengumbar amarah, suka menolong, tidak memfitnah, waspada, semuanya bersifat universal, apapun agama anda

BAB SEMBILAN : CUPLIKAN MENARIK DISKUSI UMAT KRISTEN DAN UMAT MUSLIM

 MUSLIM(M) VS KRISTEN(K)

1. TOPIK TUHAN ATAU ALLAH

1) M:

Berbicara dan diskusi perihal agama memang sangat luas, ajang saling berbagi “Share” bukan sebagai ajang debat. Karena, seperti mana kita temui debat biasanya “melenceng” dari kebenaran yang sebenarnya kita dengung2kan.

Sebenarnya, kebahagaiaan terletak pada jalan-Nya dan siksaan terletak pada jalan selain-Nya. Menghadap-Nya bukan membelakangi-Nya, menyembah-Nya bukan menyembah selain-Nya. Takut, malu, cinta yang diharapkan dan mencintai, hanya untuk DIA(Allah) semata. Bukan untuk selain-Nya. Semua karena Allah.

Bagaimana kita akan mendapatkan kebahagiaan yang dijanjikan-Nya didunia dan di akhirat. Jika hati kita dan perbuatan kita lebih berat kepada makhluk yang fana binasa dan lupa pada yang khaliq pencipta langit dan bumi yang kekal abadi.

2)K

Nampaknya anda ini hanya dengar dan belajar dari KATA ORANG. Kalo saudara ini akan mengatakan seperti di atas tapi saudara tidak bisa membangun TEORI dari BELAJAR study teks dan study historis kritis lebih baik jangan BANYAK OMONG. JIka saudara mau ngomong seperti di atas itu akan diterima jika saudara bisa MEMAHAMI kitab PERJANJIAN LAMA dalam bahasa IBRANI dan MEMAHAMI kitab PERJANJIAN BARU dalam bahasa YUNANI. Akan tetapi jika saudara tidak bisa memahami kedua BAHASA tersebut sama seperti anda memahami konteks bahasa INDONESIA lebih jangan SOK TAU. Kalo saudara mau BELAJAR pasti menemukan kebenaran. COBALAH belajar yg benar JANGAN ASAL MENGCOPY PASTE pendapat orang. BELAJARLAH dari AL OURAN study teks dan study historisnya, apakah ayat ini diturunkan dalam kondisi dan situasi seperti apa? apakah yg melatarbelakangi ayat tsb muncul? Nah setelah itu anda musti paham bahasa ARAB yg benar setelah anda belajar root bahasa Arab di TIMUR TENGAH. Itu saran saya. Anda SESAT jika tidak di dasarkan STUDY ILMIAH

2. TOPIK : INJIL DIPALSUKAN

1) K

Kalo Muslim bilang Alkitab telah dipalsukan, minta saja mereka menunjukkan mana yang asli. Bisakah mereke menunjukkan yang asli?Jawaban mereka: Yang asli adalah yang menubuatkan Nabi Muhammad.

2) M:”bukan muslim yg menyebutkan bahwa injil dipalsukan”

3.TOPIK TENTANG DISKUSI AGAMA

1) K 

(sedang membayangkan)….Tuhan melihat diskusi ini dengan tersenyum….(semoga diskusinya damai-damai saja)

 2)M: “Agama adalah identitas dan keyakinan yang merupakan pilihan kita utk mengikuti aturan dan jalan hidup yang kita pilih sebagai pedoman untuk mencari Ridha Allah di dunia ini. Dan tiap2 manusia akan dimintai pertanggungjawabannya masing2 tentang apa yang “diketahui”nya mengenai kebenaran dan kesalahan. Kita bisa belajar dari manapun dan siapapun, yang penting sebagai sesama manusia kita saling menghormati dan menghargai. Trims”

PENUTUP

1.Masih banyak lagi topik yang diskusikan anatar alain menganai Maria, Sunat, Taurak, Perjanjian Lama dan sebagainya,

2. Setelah membaca tulisan ini, semoga seluruh umat agama di Indonesia, sduah lebih memahami persamaan dan perbedaan , tetapi tetap satu, sesuai denagn azas negara kiat Pancasila dan Bhinekka Tunggal Ika3. Info lengkap hanya untuk anggota premieum, daftarkan diri anda secepatnya liwah comment.

Selesai @hak Cipta Dr Iwan Suwandy,MHA 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s