Kisah Pertualangan Dr Iwan S Berburu Uang Kertas langka Indonesia

PREMIUM INFORMASI, Serial dari Buku Pertualangan Dr iwan.(Informasi lengkap khusus untuk Anggota Premium)

Sample Info from  limited e-book special for Premium Member.

PENDAHULUAN 

 KOLEKTOR UANG KERTAS INDONESIA, dr Arifin Martoyo dan Edison Pangaribuan bercerita kisah perburan koleksi uang mereka kepada penulis kompas Lusiana Indrisari dan Frans Sartono yang dimuat dalam harian kompas rubrik Hobi dan komunitas hal 17 tanggal  5 september 2010. ternyata mereka belum berhasil menemui bebarap uang kertas yang paling langka dari Indonesia masa Hindia belandza terbitan Bank Jawa(Javasche Bank) terutama dari serial Coon (300 guled-pen) dan Wayang(200 gulden).

Untuk melengkapi kisah mereka penulis sebenarnay sudah menulis tenatng  kisah pertualang berburu uang langka Indonesia tersebut,ditambah beberapa yang belum diceritakan dalam harian kompas tersebut.

Bagi yang berminat memeproleh informasi lengkap,harap mendaftar jadi anggota premium dengan iuran sekali setahun sja yang relatif murah dibandingkan dengan luar negeri,dimana setiap info dikenakan tarif yang sma buat sartu tahun bagi blog penulis. dana premium ini diperlukan untuk biaya operasional blog. Cuplikan info dibawah ini adalah sebagain dari info yang hanya buat anggota premium 

BAB I : PERTUALANGAN DI KOTA BUKITTINGI

Pertualangan dikota Bukittingi dari tahun 1966 sampai 1985, Dr Iwan s hanya menemukan satu uang kertas langka dari Hindoia belanda yaiu Uang Kertas Coen lima gulden warna biru. Ini terbitan pertama serial coen. terbitan selanjutnya tanpa gambar coen.(info lebih lanjut hanya untuk anggota premium)

BAB II; PERTUALANGAN DIKOTA PADANG

Pertualangan di Kota Padang tiap sore dari tahun 1979 sampai 1989, ditemukan dua koleksi langka yaitu:

1. Coen 300 rupiah warna merah pink, kondisi fine.

2. Coen Tongkat,edisi pertama tanpa gambar coen,tetapi lambang Batavia dewa dengan tongkat, nominal 200 gulden. Serial ini kebanyakan ditemukan dalam bentuk specimen,tetapi yang original,baru satu ini dilaporkan.

3. Serial gedung nominal 30 gulden warna biru, sekaligus ditemui delapan items dsri pedagang etnis India  ,katanya dari Jambi,ditemui disimpan dalam bambu tiang rumah,menurut keluarga,pemiliknya sudah meninggal,merupakan tabungan untuk naik haji.tipe ini kebanyakan specimen,yang original baru inilah penemuannya.

BAB III: PERTUALANGAN KE KOTA SUNGEIPENUH KERINCI JAMBI

stelah hampir delapn jam bertualang dengan Jeep Landcruiser BJ 40 diesel ,dari kota Padang liwat jalan pesisir Selatan meliwati jalan yang sangat jelek,tibalah Dr Iwan S ke kabupaten Kerinci jambi ,ibukotanya Sungeipenuh, menemukan dan memebeli satu uang kertas Coen Tongkat orisinil bukan specimen nominal 100 gulden yang langka. 

BAB IV :PERTUALANGAN DIMKOTA PONTIANAK

Setiap siang Dr iwan s selama empat tahun dari 1990-1994 bertualang dipasar rakyat ditepi sungai besar di kota Pontianak, hanya menemukan satu uang kertas langk dari pedagang obat jalanan  ,yaitu dua ratus gulden seri Wayang.

BAB V ; PERRTUALANGAN DIKOTA MAKASAR

Tiga kali bertualang di kota Makassar antara tahun 1995-1997, Dr Iwan s menemukan dua uang kertas yang agak langka di teman pedang barang antik dui pasar ,saat ini sudah almarhum ,sebab masih banyak ditemui kolektor lain seperti namanya disebut diatas ,yaitu Seri Wayang 50 gulden dan 100 gulden.

BERGABUNGLAH DAN MENJADI ANGGTA PREMIUM BLOG iwansuwandy.wordpress.com , KARENA INFO LENGKAP DAN BUKU EDISI TERBATS HANYA AKAN DIPEROLEH OLEH ANGGOTA pREMIUM SJA, BAGI YANG BUKAN ANGGOTA SEGERA REGISTRASI LIWAT COMMENT SEBAB PERTANYAN ATAU PERMINTAAN INFO TIDAK AKAN DILAYANI BAGI BUKANG ANGGOTA PREMIUM ,MOHON MAAF IURAN HNAYA UNTUK BIAYA OPERASIONAL BLOG SAJA.TERMASUK ILLUSTRASI KOLEKSI LANGKA TERSEBUT DIATAS.

SELESAI@HAK CIPTA Dr IWAN S 2010.INFO LENGKAP HANYA BUAT ANGGOTA PREMIUM,HARAP REGISTRAS LIWAT COMMENT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s