“The West Sumatra’s Ancient Coin”, KOIN KUNO YANG PERNAH BEREDAR DI SUMATERA BARAT

KREASI Dr IWAN S@HAK CIPTA Dr IWAN S 2010.  iwansuwandy.wordpress.com
*ill C-001
*ill C-001 rare Ned.Indie koin 1 cent 1855 in very find condition found at Bukittingi 1986.
I.PENDAHULUAN(Preface)
 1.Sejak tahun 1976, saya setiap Sabtu sore dan minggu berkunjung kerumah Ayah dan Ibu mertua di Padang Panjang, dengan mengendarai mobil Toyota Corona 1976 yang baru saya beli dari tempat tugas saya di Solok,melalui jalan indah sepanjang danau Singakarak yang saat ini setiap tahun diadakan loma sepeda.( Since 1976, every weeks I visit my father and ZMother in Law house at Padang Panjang with my Toyota Coronoa 1976 car which I have just bought when I was in duty at Solok City. I drive through the beautiful road  beside Singkarak lake,now every year there were the Singkarak Roadrace there.)
More english traslation will be progress,please the foreigner collector be patien- 

Setiap Minggu putra saya Albert dan kemudian ditambah Anton bermain-main dirumah mertua di Guguk Malintang Kota Padang Panjang yang penuh dengan  unga-bungaan, saya dan isteri Lily , sambil isteri belajar mengendari mobi kami bertualang ke Bukittinggi dan disana bertemu banyak teman-teman yang sebagian besar sudah pesnsiun dan almarmum, sampai saat ini tinggal satu orang yang masih aktif Haji Edhie Makmur. SElain itu saya juga ke Padang untuk menemui orang tua yang saat itu masih sehat walafiat sampai saya pindah tugas di Padang dari Tahun 1979 sapai 1989.

2.Selama di Padang hampir setiap sore hari kerja mulai jam 2.00-4.00 saya bertualang ke Pasar Jawa(Raya) untuk berburu koin di toko Mas dan lapak pengumpul barang bekas dari tembaga ,terutama almahum Haji Kiman,saat ini dilanjutkan isterinya.Lokasi rakyat kecil ini telah diselamatkan oleh Yang Mha Kuasa dari goncangan dan tarikan gempa bumi yang dahsyat tahu 2009, bagunan lain disekitarnya telah ambruk sehingga pedagan lainnya berjualan di jalan didepan bioskop Padang theater (dulunya Rio dan sebelumnya Scala Bio ex milik almarhum kakek buyut saya- pen )

II. KOIN KUNO YANG PERNAH BEREDAR DI SUMBAR(The Ancient Coin have circulated in West Sumatra)

Catatan : Harap sabar install illustrasi masih dalam proses,lengkap untuk anggota Premium.(the illustration isntall still in process,the complete info only for the premium members-auth)

1.Selama kurun waktu tersebut saya menemukan bebrapa koin mata uang asing kuno yang pernah beredar di Sumatera Barat antara lain :

(1)Koin Bonk kecil seperti Kancing dari Barus,mirip dengan koin mojopahit dan sriwijaya illustrasi bagian depan huruf Na *ill 001artinta uang dan belakang bintang ill oo2 ,yang mirip dengan simbol kejaan mingkabau (lihat token menangkabau)

*ill 001

* ill 002

(2)Koin Gobok atau Cash Coin dari Tiongkok(Jepang dan Vietnam. saya temukan di Bali dan di era tersbut-pen)

(a) Cash coin Tiongkok

ill G-001

(a)Koin Gobok  yang paling tua umurnya ditemui di SUMBAR adalah dari dinasti tang Kaisar KHAI YUAN *ill G-001,  koin dinasti paling tua di Indonesia dari Dinasti Han saya temukan di toko Kuta bali, bersal Makasar atau surabaya.-

(b) koin gobok Tiongkok dinasti Tang Khai Yuan dengan gaya tulisan antik

(c) Koin Gobok dari masa enam dinasti  Thian Ping ( Xia)

(d) Koin Gobok Pemberontakan Thai Ping abad ke 19(baca aksara tiongkok ata dan bawah lubang,mau mengetahui secara lengkap tehnik mengungkapakan koin gobk ,baca “mengungkapkan misteri koin gobok yang ditemui di Indonesia,, hanya untuk anggota premium-pen)

Koin kuno lain yang ditemui disumbar

1) VOC and Ned.Indie

2)The Iran  Sasanid kindom during Empress Puran 7th Century,bring by Gujarat Trade during Srivijaya empire in Indonesia and they had trading with the Minangkabau marchant at Mingkabau Kindom (Pagaruyung),(more info only for premium member.The first report found in Indonesia-auth,anoher report from Rusia)

3) The middle east coin (Ottoman Kingdom)

4) EIC

5) VOC and Ned.Indie

6) Chinese empire cash coin(more info only for the premium membar complete with the history and smaple of rare coin’s valued,please register via comment-auth)

7) Cash coin Jepang dan Vietnam belum pernah ditemui di SUMBAR

illustrasi khus untuk anggota Premium (illustration only for premium member)

8)Koin Perak dari Negeri Belanda, Spanyol (Hispan) yang dibuat di Kerajaan spanyol (merk Hi spanarium), atau Jajahannya (merk Hispan et Indie)  di Meksiko (merk OM), Chile (merek OS-santiago),TSo mint Bolivia dsbya

Illustration only for premium member,

9)Koin dari masa penjajahan Inggris dibawah gubernur Jendral Sir Atmaford Thomas Raffles 1811-1816

(a)Koin yang berasal dari kompeni Inggris di India dengan markasnya dikota Madras (Madras EIC mint Coin)

the naration only for premium members

10) Koin penganti uang atau Token Pedagang Singapura masa Raffles dengan mata uang Sakepeng dalm bahasa arab-malayu,dan didepannya nama  berbagai  Negeri  seperti Acheh,Deli,Siak sri Indra Pura, Menangkabau, Ina Ugi Tanah Ugi dari Bugis, Island Of Sumatra dan Island of Sultana yang dikenal dengan uang ayam karena ada yang memakai simbol ayam atau uang sakepeng, di Tanah Tapanuli disebut Hepeng,masih ingat dengan seruan merekan “Nan Hadong hepeng ” atau Tak Ada Uang.

Islutration only for premium member

10)Uang Dirham Aceh dari Emas

illustraiononlyfor premium members

11)Uang perunggu dari Barus yang bentuknya mirip kancing baju ,seperti uang dari Kerajaan Mojopahit sehingga dinamakan Uang Kancing, 

12)Token kompeni Inggris di India bentuk bulat kecil dengan disain udang dan orang.(EIC TOKEN)

13) Koin bentuk peluru dari kerajaan kuno Siam Thailand, museum pusatmemiliki yang ukurannya sangat besar,yang sya temui ukuran kecil seperti peluru senapan angin.(illustration only for premium members.)

14)Uang Lokal juga Token dari perkebunan tembakau  di Deli. seperti perusahaan tembakau Asahan dan Pulau Raja.(illustration only for premium members)

15)Uang Singapura dengan nama uang sekepeng Negeri selangor,negeri perak,(illuastration only for premium members)

16)Koin skepeng pulau Pinang

17) East India Company divisi 4 beredar di bengkulu dan sumatra barat

(, India Staits dan Strait Settlement ditemukan di Pontinak).

18)Koin  East India company dari Madras (narration only for premium member).

19)Koin Charles Brooke serawak terbitan tahun pertama 1870 (ini temuan pertama dan mengejutkan ,karena belum pernah ada bukti faktual hubungan dagang dari Rajah kulit puti  Serawak tersebut, mungkin dibawa pedangan dari Singapura karena Singapura adalah pusat pemerintahah Kompeni Inggris EIC dikawan Asia Tenggara. Dari koleksi koin kita dapat ,membuktikan sejarah,menarik sekali belum pernah ada yang melaporkan seperti in kecuali Dr Iwan Suwandy yang sudah mendapatkan tanggapan dan penghargaan daroi seorang Pakar dari Siak Riau ,baca dalam tulisan Riau Ancient Collections dalam blog ini dan komentar dibawah tulisan ini.

Koin masa Rajah James Brooke Serawak belum pernah ditemukan di SUMBAR , saya temukan di Pontinak (baca kisah pertualang dan koin yang saya temukan di Pontianak.

19) uang perak dari Hongkong dan Filipina.(Silver coin from Hongkong and Phillipines,illustration only for premium member)

20) Koin kuno terbitan Hindia Belanda (Nederland Indie) yang mulanya dipergunakan nilai duit VOC satu dan setengah duit yang dibedakan dari ukurannya , kemudian masa Dandeals Indie Batav tetap nominal Stuiver dan koin LN atau Lodewijk Napoleon , serta  Nederland Indie Steuver mulai dari 1/56 sampai dua steuver, juga Uang Perak VOC satu dan tiga gulden.(Ancient Netherland Indie coins, illustration only for premium memberes)

(1) VOC  1730 satu duit, tetapi koin 1/2 duit belum pernah ditemukan, saya temukan di Banten. akan dapat dilihat dalam tulisan yang akan saya kirim berjudul Banten Ancient Collections.

(2) koin India Batav 1803 pada masa Penjajahan Prncis dibawah Gubernur Jendral Dandeals, ini juga suatu penemuan baru di Sumatera Barat, karena hampir seluruh koleksi saya dari era ini ditemukan di Jawa, lihat dan baca dalam artikel yang sudah saya kirim diblog ini judulnya Koleksi Masa Perang Pasukan Napoleon dan Inggris di Jawa.

(3) Koin Masa Hindia Belanda berkuasa lagi setelah Indonesia diseerahkan kembali oleh Inggris(Raffles) dan ditukarnya Bengkulu dan Sumatera Pantai Barat oleh Belanda dengan Pulau Tamasek(Singapura) dan Malaka dengan Pemerintah kompeni Inggris (Raffles)

(a) koin awal Hindia Belanda -Ned: INdie 1822, more coins illustraiononly for premium members

(b) koin awal Hindia Belanda yang berlaku tahun 1855 setelah seluruh koin yang beredar di indonesia ditarik dari peredaran dengan suatu sistem mata uang tunggal yang berlaku diseluruh Indonesia,kendatipun para pedagang masih bertahan menerima koin gobok dan koin skepeng samapi tahun 1952 saat Indoneisa menerbitkan mata uang brau mengantikan seluruh mata uang yang bereedar di Indonesia, sunguh unik dan menarik sistem moneter di Indonesia, ganti terus yang korban rakyat.

Koin Tembaga satu cent 1855 yang sangat langka dalam kondisi Very Find AOU-hampir mint dan antique

Koin stengah sen dari tembaga tahun 1855 tidak beredar ,hanya bentuk Proof baru ditemukan tiga biji saya belum pernah menemukannya di Indonesia, yang sulit ditemukan juga koin setengah sen 1858 dibawah ini penemuan terbaru dari SUMBAR dibawah ini :

2.Pada kunjungan terakhir Agustus 2010 , saya menemukan koin aneh :

(1)Koin Medal dari bahan perak dengan gambar raja dan tulisan arab kuno yang tidak jelas asalnya (Slver Arabic-India King with Hindi arabic script coins)

(2)Koin perak kuno Kerajaan Ottoman Turkey.(Ancient Ottoman Kingdom silver coin)

(3) Koin Pitis Kerajaan  Palembang Darusalam dari bahan baku  tembaga, yang umumnya dari timah , satu yang biasa dengan satu bagian dengan tulisan sebaliknya polos, tetapi dua koin  yang aneh,salah cetak bagian yang polos dengan cetak cermin alias terbalik tulisannya, dikenal dalam dunia numismatik Brokadge ,belum pernah dilaporkan sebelumnya(Palembang Pitis coins and also from copper may be Minagkabau kingodom coin which never report before,the arabic-malay script on two side head and tail side ,but different stile one without hole and one with hole maybe from the Ming Kingdom coins-illustration only for premium member)

(4) Koin pedagang Singapura ,Pulau Perca (Pulau Perca Singapore toke, Perca Island means Sumatra Island whic expot mani perca or Karet).

III.PENUTUP

1.Mempelajari jenis koin kuno serta menghimpunannya sebagai koleksi adalah hal yang menarik, karena peningkatan nilai jualnya sangat tinggi ,dulu hanya dibeli Rp.100. per biji sdekitar 0.25 cent US$,sekarang sudah Rp.5000.- sampai Rp.10.000. (Us$ 1/2 dan 1,-). rata-tara per biji  ,tetapi kalau ketemu yang aneh dan langka harganya dapt mencapai UD$ 60,- sampai 100.-( The study of Ancient coin were made profit in nowadays because the investation value of that ancient coins will up more than 1000% in 25 yeras-auth)

2.Bagaimana pembaca ,mau mulai berinvestasi dengan koin -koin kuno yang ditemukan di Indonesia, sebelum terlambat,karena setelah saya muali menulis di BloG internet saya,dan jugA dikompasiana,atau natinyA akan diterbitkan harian kompas , TENTU harganya akan jadi selangit seperti yang dapat dibaca dalam katalogus  international. ok selamat berburu koin kuno di indonesia. Tetapi tempatnya dimana ,harus melakukan penelitian terlebih dahulu dan awas sudah banyak tiruannya alias fake coins, oleh karena itu rajin baca info di blog internet saya.

3.Sekali lagi SELAMAT BERBURU KOIN KUNO,DAN WASPADA KOIN KUNO PALSU

4.KOIN KUNO MEMBUKTIKAN SEJARAH KEBESARAN BANGSA INDONESIA DENGAN HUBUNGAN DAGANG DARI MANCA NEGARA.(the Ancient oins have the Factual info to prove the trading communication between WEst Sumtra with Foreign Trader ‘s history)

Jakarta,16 Agustus ,2010

Dr Iwan Suwandy @hak cipta Sr IWAN S2010

ps illustrasi koin bebrapa akan diinstalkan, info lengkap hanya untuk anggota Premium saja.
Selesai@hak Cipta  Dr IWAN S 2010.

14 thoughts on ““The West Sumatra’s Ancient Coin”, KOIN KUNO YANG PERNAH BEREDAR DI SUMATERA BARAT

  1. Abdul Rani Bin Kamarudin August 23, 2010 / 7:46 am

    Asslamu’alaikum Prof,

    Minta bantuan jika Prof mengetahui dimana letaknya kampung Rais, Siak?

    Dr Abdul Rani Bin Kamarudin

    • iwansuwandy August 23, 2010 / 11:20 pm

      Hallo Bapak Dr Rani Bin Kamarrudi. terima kasih atas gelar honorikasa dari anda, saya bukan prof, saya hanya eks guru honorer setalh pensiun sebagai prajurit Polri dn setelah pensiun mengajar mulai membangun blog dan ikut sebagai penulis Kompasiana. Saya petualang dan kolektor benda unik dokumen dan bukti faktual sejarah Indonesia dan Dunia yang langka dan belum pernah dilaporkan . Jika Bapak membaca tulisan peertualangan saya bebrburu koin di Sumbar yang illustrasinya belum lengkap, mungkin anda menganggap say setaf dengan profesor, doakanlah semoga ada Universitas yang berkenan memberikan gelar kehormatan tersebut terutama dari Universitas andalas di Tanah kelahiran saya kota Padang, akan saya bacakan pidato pengukuhan dengan judul yang telah bapa baca.
      Tentang kampung Rais Siak, saya belum pernah bertualang kesana tapi kampung Air Tiris belok kiri sebelum kota Bangkinang , dan bebrapa kampung sepajang sungai Kampar kanan dan kliri sudah saya kunjungi ,juga jalan dari Pakan Baru menuju air molek dan pekan heran samapi kilranjao sumbar sudah lima kali saya tempuh, sungai Siak sudah saya sebrangi dengan ponton dan sampai meintasi jembatan, lapangan terbang pertamina asir Molek riau sudah saya kunjungi dan menginap disana, kota Rengat Riau juga sudah saya kunjungani, sebenarnya banyak koleksi unik saya temui disana tapi belum saya tulis dan informasikan.
      Tentang Kampung Rais, Siak akan saya carikan informasinya dari kumpulan koleksi dokumen saya, tetapi foto dan sampul surat masa kemerdekaan dan hindia belanda dari Pasir Pangarayan ada dalm koleksi saya. Harap bersabar saya akan tulis tentang Riau khusus buat anda,tetapi harap bersabar akrena rencana kegiatan m8inggu ini sudah diisi dengan beberapa tulisan diblog wordpress dan kompasiana, akan saya jadwalkan untuk minggu depan. terima kasih atas komentar dan infonya tentang kampung Rais ,nati akan dapat anda baca m8inggu depan, selalu ikuti info dan illustrasi minggu ini.Kampung Rais mungkin Kampung kelahiran Pak amiem Rais,bila ya tanyakan saja kepada beliau secara langsung, apa bapak tahu di sarawak juga ada desa REais,tempat suku dayak Iban mendirikan Rumah Panjang traditinil mereka. Jangan marah Pak, saya sudah teruskan joke Bapak ke Kompasiana,biar para penulis kompasiana jadi ikut menjawabnya ,bca ahhtp://www.kopasiana.com/iwansuwandy.
      salam dari
      Kombespol (P) Dr Iwan Suwandy,MHA .

      • Abdul Rani Bin Kamarudin August 24, 2010 / 2:14 pm

        Terimakasih,

        Maun Bin Bisar adalah moyang saya yang berkerja di Kuching dan seorang Renjer Sarawak dari 1909-1918 dibawah zaman Rajah Brooke. Sebaik tamat perkhidmatannya pada 1918, moyang saya Maun (seorang Melayu dari Kerajaan Siak berdasarkan dokumen pencennya bertarikh 1918) pulang ke kampungnya (kampung Rais) dengan atuk saya (Salleh Bin Mahon) ketika itu adalah wilayah kerajaan Siak kerana republik Indonesia belum ada lagi. Atuk saya berumur 20 tahun lebih kurang masuk Riau (dan kahwin orang Bugis) kemudian masuk ke singapura dimana Ayah saya (berkahwin dengan orang banjar), dan saya juga dilahirkan diSingapura. Atuk saya meninggal disingapura pada 1984 namun tidak banayak yang diceritakan pada anak-anaknya.
        Saya kini di Kuala Lumpur (orang malaysia) dan dosen di International Islamic University Malaysia. Saya berhasrat nak pergi ke Kampong Rais namun tidak tahu dimana pula. Minta bantuan Dr Iwan.
        Asal saya besar kemungkinan adalah di Wilayah Kesultanan Brunei kerana Sarawak ketika dulu adalah dibawah Brunei. Saya amat terkejut bila Dr Iwan mengatakan adanya kampung Rais diSarawak. Mungkin apa yang dimaksudkan ialah asal negaranya adalah Kerajaan Siak namun kampung Rais yang dimaksudkan letaknya di , Kuching Sarawak.

        Jika tidak keberatan, Dr Iwan berikan email Dr Iwan. Kalau Dr Iwan minat lihat dokumen lama moyang saya (Maun Bin Bisar) dimana dia menyatakan negaranya sebagai “Kerajaan Siak”. Pada dokumen lain, atuk saya (Salleh Bin Mahon) dia mengatakan dia anak jati kampung Rais. Kampung Rais ini dimana – Sarawak atau Siak? Siak lebih dekat kerana tempat-tempat atuk saya pernah lawat adalah Palembang, Manda (Indragiri), Pulau Bentan Riau, Singapura.

        Sekian & TQ
        daunlebar@hotmail.com

    • iwansuwandy August 30, 2010 / 9:56 am

      terima kasih,Encik Dr Abdul rani bin Kamaruddin,
      terima kasih jika berkean mengirimkan foto buku dan dokumen lama keluaga encik.
      email saya iwansuwandy@gmail.com.
      saya ssduah menulis banyak tenttng Rajah brooke sarawak lengkap dengan koleksi prango,dan duit, tetapi tenang Keluarga besar kerajaan siak belum
      baik dirais Siak dan di Rais Sarawak. sya pernah melihat medali penghargaan dari sultan siak, dan saya punya koleksi koin, dan foto-foto kerajaan Siak. sehingga ,artikel saya the Anciet Raiu akan saya tambahkan dengan The Kingdom of Siak collections

  2. Abdul Rani Bin Kamarudin August 24, 2010 / 2:54 pm

    Dr Iwan,

    Selain Amien Rais, mungkin juga Kampung Rais adalah Kampong Yang Berhormat Dato Seri Utama Rais Yatim, Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia. Mudah-mudahan, dr Iwan berjaya menjejaki dimana kampung Rais.

    Dr Abdul Rani Bin Kamarudin
    daunlebar@hotmailcom

  3. hendriawan October 2, 2010 / 1:37 am

    saya punya koin VOC 1745 dan samurai jepang tahun 1358, bagaimana menurut bapak bila di jual ?

    • iwansuwandy October 2, 2010 / 2:28 pm

      terima kasih hendriawan, setiap pertanyaan akan dijawab hnaya untuk anggota premium saja, baca syarat jadi anggota premium didalm blog ini, search : anggota premium,
      mohon maaf terlalu banyak pertanyaan yang hasrus dijawab, karena itu dibatasi pada anggota premium saja.
      salam dari
      Dr Iwan S

    • iwansuwandy May 4, 2012 / 9:31 am

      hallo rival,
      koleksi koin antik saya dari seluruh dunia sudah sangat banyak,dan untuk indonesia sudah lengkap,anda dapat melihat diblok saya yang lain
      hhtp://www.Driwancybewrmuseum.wordpress.com

  4. aryanto May 22, 2014 / 8:58 am

    saya juga memiliki koin kuno yang bergambar manusia pegang tongkat kanan dan kiri,disebelah kanan bertuliskan Allah dan disebelah kiri bertuliskan Muhammad,berbahan perunggu,bagi yang ingin berminat memilikinya hubungi saya di 085246234117,terimakasih

    • iwansuwandy May 23, 2014 / 2:52 pm

      ITU TOKEN TIDAK BERLAKU ALIAS BOOOS BUATAN PARA PEDGANG SUVENIR BUKAN TERBITAN PEMERINTAH SAUDI ARABIA,JADI HANYA BUAT JADI JIMAT AJADAN TIDAK ADA HARGANYA,BILA ANDA UINGIN TAHU KOIN YANG ASLI DAPAT BELI cD-rom DARI SAYA BERISI PETUNJUK KOIN DAN TOKEN YANG ADA HARGANYA, SILAHKAN KOIN LANGKA APA YANG ANDA INGIN TAHU AKAN SAYA BUAT cD-rOMKHUSUS BUAT ANDA,KIRIM PESNANAN LIWAT EMAIL
      IWANSUWANDY@GMAIL.COM DENGAN MENGUPLOAD KOPI ktp ANDA LENGKAPDENGAN ALAMAT DAN NOMOR TILPON AGAR DAPAT SAMPAI KE ALAMAT ANADA DENGAN BAIK LIWAT tITIPAN kILAT. hARGA HANYA rP.300.000(TIGA RATUS RIBU RUPIAH) SUDAH TERMASUK ONGKOS KIRIM
      TERIMA KASUIH SUDAH MAMPIR DI WEB SAYA

  5. Dian May 7, 2015 / 6:27 am

    untuk kirim gabar caranya gmn bos
    saya ada coin cuna yuan

Leave a Reply

