UHI-KISAH PERTUALANGAN Dr IWAN BERBURU STEMPEL RUMAH POS

UHI-Uniquecollection Heritage Info,free informations@copyright Dr IWAN S 2010

PENDAHULUAN

PERTUALANGAN SAYA MEMBURU STEMPEL RUMAH POS DIMULAI SAAT ADANYA PERMINTAAN DARI KOLEKTOR  EXPATRIAT BELANDA DI AMERIKA IN MEMORIAM TOM BLEEKER DENGAN PERANTARAAN ROMO FRANS SIMERIENK P, TERNYTA  UNTUNG RAHARJO JUGA IKUT MEMBANTU MR TOM BLEEKER UNTUK MENGIRIMKAN DANA  MELALUI ROMO FRANS.

SAYA SANGAT GEMBIRA  DAPAT MENGUMPULKAN BEBERAPA STEMPEL RUMAH POS YANG SAAT INI SUDAH TIDAK ADA LAGI, DULUNYA RUMAH POST YANG DALAM BAHASA BELANDA BESTEL HUIS, BAHASA INGGRIS HOUSE OF DELIVERY, BAHASA DAI NIPPON YUBINSYO. MERUPAKAN SUATU KEGIATAN SWASTA PRIBADI YANG MENDAPATKAN PERSETUUAN KANTOR POS UNTUK MEMBANTU PELAYANAN POS DIDAERAH YANG BELUM MEMILIKI RUMAH POS, BAGAIMANA BENTUKNYA DAN BAGAIMANA PELAYANANNYA DAPAT DI BACA DAN DILIHAT SECARA TERPERINCI DALM KISAH PERTUALANGAN Dr IWAN S DIBAWAH INI.

TERIMA KASIH KEPADA BENDARA POS SUMBAR DI PADANG, BP ABUSAMAH ATAS BEBERAPA ARSIP DOKUMEN RUMAH POS YANG  SAY PEROLEH DARI NYA, DAN JUGA KEPALA RUMAH POS PEMBANTU SEBAGAI PEMBINA RUMAH POS DI KOTANOPAN SUMUT TAPSEL DAN SUNGAI RASUA KALBAR, JUGA KEPADA BEBERAPA KEPALA RUMAH POS YANG TELAH MEMBANTU SAYA MEMBUAT SAMPUL DENGAN STEMPEL RUMAH POS DAN KEMUDIAN DISTEMPEL KANTOR POS PEMBANTU YANG MEMBINA RUMAH POS TERSEBUT.

SAMPAI SAAT INI BELUM PERNAH ADA TULISAN KHUSUS TENTANG RUMAH POS, DAN SAYA HARAP BUKU ELEKTRONIK INI MERUPAKAN SUATU KRAYA POSTAL HISTORI INDONESIA YANG DAPAT DIJADIKAN PEDOMAN BAGI PARA KOLEKTOR POSTAL HISTORI RUMAH POS DI iNDONESIA.

JAKARTA JULI 2010

Dr IWAN S.

PENDAHULUAN.

 Rumah Pos sudah ada sejak masa penjajahan hindia belanda dengan nama BESTEL HUIS  yang stempel berukuran lebih besar dari stempel pos biasa,tanpatanggal ditengahnya, dan pada masa pendudukan Jepang beberapa stempel rumah pos masa Hindia Belanda masih dipergunakan, dan ada juga yang dengan istilah yubinsyo, koleksi saat ini sudah sangat langka, dan Dr IWAN S hanya memiliki beberapa saja.

Setelah Indonesia Merdeka, Rumah Pos masih tetap beroperasi, dan setlah RIS ,era orde Lama model stempel Rumah Pos hampir sama dengan masa Pendudukan Jepang dan Hindia Belanda, yang kemudian era orde baru  stempel rumah pos bentuknya sudah seragam dengan ditengahnya ada garis-garis.

Pada saat Kantor Pos Besar Kota Padang direnovasi, saya menemukan beberapa dokumen rumah pos yang dibuang dan dibakar, tetapi oleh teman saya pemborong bangunan tersebut Pak Al menyiram api tersebut dan sebagian dokumen Pos dapat diselamatkan termasuk dokumen rumah pos yang dapat dibaca dalam bab pertama Koleksi dokumen Rumah Pos.

Secara terperinci kisah pertualangan ini dapat memebrikan gambaran bagaimana kiprahnya Rumah Pos tersebut, termasuk apa yang dikerjakan dan bagaimana sistem administrasinya rumah pos serta bagaimana bentuknya rumah pos tersebut, semoga hasil pertualangan ini dapat memberikan informasi yang faktual tentang kegiatan dan kerjasama rakyat dengan pihak pos dalam melayani rakyat sampai ditempat yang paling terpencil sepert i dipuncak gunung di sekitar gunung Tua dekat Kota Nopan SUMUT yang namanya sangat keren, rumah pos Seribu Naga, saya beruntung dapat ketemu dengan kepala rumah pos ini kendaipun stempel rumah posnya tidak ada, tetapi saya mendapatkan sampul dinas kantor pos yang ditujukan ke rumah pos tersebut dan kepala  rumah pos berkenan membubuhkankan tanda tanggannya diatas sampul dinas  yang mungkin hanya satu-satunya ada didunia saat ini.

Selain itu pada waktu bertualang memakai mobil .jalan darat, pada setiap kantor pos dan rmah pos secara berurutan saya susun secara sistematis diatas kertas dan diatas kertas meterai sehingg kita dapat mengetahui letak dan jam serta kapan saya tiba ditempat tersebut. Juga ada kisah yang sangat menarik tentang salah satu kepala rumah pos yang kakinya buntung yang sehari-hari profesinya montir radio, bacalah dengan teliti maka pasi para kolektor akan takjub dibuatnya.

Saya sangat senang hati bila pihat Pos Indonesia berkenan menjadi sponsor untuk menerbitkan buku elektronik ini sehingga seluruh informasi dapat dibaca oleh para kolektor filateli Indonesia dan juga khusus bagi generasi penerus untuk memahami betap sulitnya komunikasi dan transportasi saat itu.

BAB SATU : KOLEKSI RUMAH POS  MASA HINDIA BELANDA

BAB DUA : KOLEKSI RUMAH POS  MASA PENDUDUKAN JEPANG

BAB TIGA: KOLEKSI RUMAH POS  MASA PERANG KEMERDEKAAN RI

BAB EMPAT : KOLEKSI RUMAH POS ERA ORDE LAMA

BAB LIMA  : KOLEKSI RUMAH POS ERA ORDE BARU

1.Berburu koleksi rumah pos dikota Padang

Saya mendengar bahwa kantor pos Kota Padang yang lama akan dipugar, dan saya menghubungi pemborang bangunan  yang saya kenal saat dulu bermain tennis  bersama Pak Al, ia bersedia mengumpulkan arsip-arsi yang dibakar,dengan menyiram dengan air, saya memperoleh beberaopa arsip rumah pos yang saat ini pasti sudah langkan dan  mungkin pihak kantor pospun lupa menyimpan arsip yang b ernilai sejarah tersebut , koleksi yang langka tersebut terdiri dari dokumen asli yaitu :

1).Buku stensil asli Instruksi Untuk Pengurus Rumah Pos enam halaman

2). fotokopi  Jadwal rumah Pos Menurut Abjad, daftar nama rumah Pos seluruh Indonesia  tanun 1977,  dalam urutan pertama rumah pos Abang  kabupaten Karang asam Kecamatan dan kantor pos  abang ,propinsi Bali. dan terakhir Rumah Pos Yemburwo(Kameri) Kantor Pos BIak Irja(sekarang Papua) Kabupaten Teluk Cendrawih Kecamatan Numfor Timur. Melihat daftar ini, sangat mustahil untuk dpat mengumpulkan koleksi yang lengkap dari sekian banyk rumah pos, tetapi bial diusahakan pasti suatu waktu akan lengkap juga,terutama dari rumah pos yang sudah lama ditutup.

3). formulir asli  blanko Adpis yang diisi oleh pihak Rumah Pos dan Kantor pos Pembantu khus untuk daftar wesel pos yang dikirm dan jenis kiriman lainnya.

4) Formulir   PTT Daftar Permintaan yang sudah dipakai , permintaan tahun 1954 dari rumah pos mukomuko kepada kantor pos Tepan (wilayah Jambi)  berisi wesel KW , yang ditantada tangani pengurus rumah pos muko-muko 14 september 1955 nama kosan. Dibagian belakang formulir ini tercantum keterangan sebagai berikut:

Apabila permintaan untuk membeli benda pos dll, dikirimkan kepada Kantor pos atau Kantor Pos Pembantu yaiutu kantor jang mendjadi Kantor penghubung (rumahpos diluar  Djawa dan Madura mengirimkannja bersama-sama dengan adpis) ,daftar permintaan hendaklah dibuat Ragkap dua da. seterusnya……………..Selain kantor pos Muko=muko juga ditemui dokumen yang sma dari Rumapos Indrapura yang juga diwilayah yang sama Tapan,ternyata dalam koleksi saya juga ada rumah pso Indrapura  yang dikirim iwat Tebing Tinggi deli 11/6.57  ke  Bogor  mengunakan prangko seri binatang Banteng 50 sen warna coklat, prango distempeo rumah pos dan kantor pos pengawas dibelakang sampul .Menurut saya ini koleksi romah pos yang sangat langka khususn ya yang benar-beanr postally used , akrena banyak dibuat CTO ,filetis kreasi atas permintaan dengan bantuan rumah pos atau kantor pos pembantu, saya selalu mengirimkan sampul tersebut liwat pos kecuali lokasinya sangat tidak memungkinkan,atau untuk disimpan ebagi arsip..bagaimana pendapat para phillatelist Indonesia ? tentu sama juga atau ada pendapat lain silahkan kontak saya liwat komentar.

3.PERTUALANGAN JALAN DARAT SUMBAR-SUMUT

Ternyata disepanjang jalan raya di Sumatera Barat dari Padang smapi perbatasan muara siponggi Sumut tidak ditemukan  rumah pos, yang dapat dilihat dalam koleksi dokumen perjalanan Kantor pos Lubuk Sikaping, kemudian kantor Pos Rao   dam terakhir Muara Siponggi. Sumut. Ada suatu koleksi yang unik ditemukan di Rao yaitu meterai padjak Radio 75 rupiah.

Perjalanan dilanjutkan dari Muara Siponggi ke desa Sayur Matinggi ternyata rumah pos sudah tutp karena sudah ada kantor pos pembantu, selanjutnya tiba di desa yang masih memiliki rumah pos yaitu rumh pos Siunggam dengan ketua Rumah Pos Mara Indo Daulay guru SD Neg.Siunggam seteah dibuatkan beberapa sampul dengan stempel ruamh Pos ,saya diberikan sampul pos alamat kepala rumah pos diberikan stempel rumah pos dan tanda tanggan kepala rumah pos tersebut , selanjutnya Rumah Pos Sipupus  dilakuka hal yang sma seperti rumah pos sebelumnya dan alhirnya  tiba di kantor pos pembina yaitu kantor pos Gunung Tua, kepala kantor pos memebrikan informasi jika kembali ke Sumatera Barat nantinya singgah di Kantor Pos pembina Kota Nopan tapanuli Selatan karena ada beberapa rumah pos  disekitar tempat itu yang jauh dari jalan raya terima kasih pak Pos atas informasinya..

Dari Kantor Pos Gunung tua mendaki kepuncak bukit karena ada informasi tentang rumah Pos disana, ternyata namanya Rumah Pos Naga Seribu tetapi stempelnya tidak ada, tetapi beruntung sekali ketua Rumah Pos memberika sampus dinas pos dan giro yang dikrimkan ke rumah pos Naga seribu yang bernama Marah Akim Siregar,profesi kepala SD negeri Nagaseribu, wadung senangnya hati,luar biasa koleksi ini.

Pada saat pertualangan kembali Ke Sumatera Barat, ditemukan rumah pos  Tambangan ternyata  ketua rumah posnya seorang montir radio,tanpa kedua  tungkai bawah dan kaki, ia berjalan naik beca khusus,menuru informasi beliau Rumah Pos angat penting untuk pengesahan tanda tangan untuk penerimaan weselrumah pos ini dibawah pengawasan kantor pos Kotanopan, saat bertemu dengan kepala Kantor Pos tersbut Bp Halim ia berkenan membantu untuk memperoleh stempel rumah pos dibawah pengawasannya saat ada rapat ,kepala rumah pos akan membawa stempelnya, ternya kepala kantor pos Kotanopan,dalam bebrapa minggu mengirimkan sampul dengan stempel rumah pos dibawah pengawasannya .

Situasi rumah pos saat ini tahun 15 Agustus 1981, keadaan bangunan umunya darurat tidak permanent, menumpang tanpa disewa  pada rumah keluarga dari pengurus Rumah Pos, umumnya tanpa papan nama Rumah Pos , apabila di tanya keada penduduk desa umumnya mereka mengetahui lokasi rumah pos tersebut, Seluruh rumah pos itu didirikan secara resmi oleh pemerinta daerah dengan persetujuan pihak kantor  Pos dan Giro wilayah , hampi seluruh rumah pos  memiliki stempel kecuali rumah pos Naga Seribu. Tunjangan untuk biaya  Rumah Pos sangat minim sekali , yaitu Rp 1500. (KURANG LEBIH aatu setngan dollar usa) PER BULAN, SEHINGGA HAMPIR SELURUH PENGURUS RUMAH POS MENGELUH ATAS HAL INI. pENJUALAN BENDA-BENDA POS HANYA DITEMUI PADA SATU RUMAH POS YAITU DI RUMAH pOS TAMBANGAN, LAINNYA HANYA BERFUNGSI SEBAGI PERANTARA SAJA. pEMAKAIAN STEMPEL rYUMAH pOS TERNYATA JUGA DIPAKAI UNTUK WESEL POS  yang berfungsi mengesahkan tand atanggan sipenerima, tanpa itu tidak akan dibayar oleh kantor pos pengawas. Catatan ini diuat saat baru kembali dari pertualangan dan masih tersimpan rapi bersama koleksi yang suatu waktu akan dipamerkan kepada umum, dan dalam buku elektronik yang lengkap.

2. PERTUALANGAN JALAN DARAT JAMBI MUARA TEMBESI-SOROLANGUN

3. PERTUALANGAN TEMAN DI ACEH

4.PERTULANGAN DI SUMBAR-JAMBI

5.PERTUALANGAN BERSAMA PAK BAGONG

6. PERTUALANGAN KE KANTOR POS PEMBANTU SUNGAI RASAU KALBAR

7. BERBURU STEMPEL RUMAH POS TIMOR TIMUR

III.. Daftar koleksi rumah pos Dr Iwan S. disusun berdasarkan wilayah.

SELESAI @HAK CIPTA Dr IWAN S 2010.

8 thoughts on “UHI-KISAH PERTUALANGAN Dr IWAN BERBURU STEMPEL RUMAH POS

  1. Widodo August 19, 2010 / 5:44 pm

    Pada masa Ned Indies, rumahpos dikenal dengan nama Bestelhuis yang nampak dari teraan cap posnya. Pada masa RI berganti nama menjadi Rumahpos.

    Keberadaan Rumahpos pada sekitar tahun 1990an telah digantikan oleh Pos Desa, walaupun pada prakteknya masih saja berjalan layanan di rumahpos tersebut.

    Cap Rumahpos memang berbeda dengan cap pos umumnya, bentuknya bulat sederhana dengan garis-garis tegak ditegahnya. Tulisan yang ada dalam cap tersebut adalah : Kata “RUMAHPOS” dan identitas nama tempat rumahpos tersebut berada.
    Cap ini umumnya menggunakan tinta warna violet.

    Buku Jadwal rumah Pos Menurut Abjad, terakhir diterbitkan sekitar tahun 1985 atau 1987.

    • iwansuwandy August 20, 2010 / 1:01 am

      terima kasih pak widodo atas infonya,saya sudah mengetahuinya,nanti bila karangan saya mengenai rumah Pos sudah selesai anda dapat membacanya dengan lebih terperenci,sayang smapia saat ini belum ada sponsor untuk menerbitkan buku tersebut,tulisan pendek hanya untuk sekedr info,info lengkap ahanya untuk anggota Premium, saya memiliki koleksi bestelhuis, dan Rumah Pos zaman pendudkan jepang yang dinamakan Yubinsyi,juga pada masa pernag kemerdekaan ,orde lama dan orde baru smapai diganti namanya jadi pos desa.Jadwal rumah pos saya ttahun 1979 adalah jadwal yang antik, tetapi masih ada beberapa nama rumah pos yang belum terdaftar seperti Rumah Pos Nagaseribu digunung tua Tapanuli selatan, dan jadwa yang lebih bareu tentu rumah pos TIMTIM ada disana.

  2. Widodo August 20, 2010 / 3:31 am

    Untuk menerbitkannya, mungkin saya bisa membantu, kita diskas via email. tq

    • iwansuwandy August 20, 2010 / 11:22 am

      ok pak widodo saya tunggu,mungkin and a ada kenalan di penerbit dan pihak kantor pos,segera kirim proposalnya kepada saya,mungkin anda bisa jadi editornya.

  3. Widodo August 20, 2010 / 5:30 pm

    di email ke alamat mana pak ?

    • iwansuwandy August 30, 2010 / 9:58 am

      halo pak Widodo ,bila anda mau membantu informasi buat menulis buku Rumah POs, dpat dikrim ke email saya iwansuwandy@gmail.com
      terima kasih atas bantuannya
      salam dari
      Dr Iwan Suwandy,MHA

  4. Widodo August 21, 2010 / 7:38 pm

    Sekedar info saat ini kami sedang membantu untuk penyelesaian akhir 4 judul buku filateli (sedang insert/melengkapi gambar ilustrasi kemudian layout) dan membantu mendorong penyelesaian beberapa judul buku lagi.

    Tulisan yang khusus membahas tentang rumahpos, sejauh pengetahuan saya, memang belum ada, sehingga akan menjadi referensi yang sangat menarik bila karya Bapak dapat dipublikasikan secara luas.

    Mohon info (sesuai permintaan Bapak), proposal mesti dikirim ke alamat email dimana?

    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s