PUI-KISAH PERTUALANGAN Dr IWAN

PUI- Premium Uniquecollections Info.iwansuwandy.wordpress.com @copyright Dr IWAN S 2010

BUKU ELEKTRONIK(E-BOOK) KARANGAN Dr IWAN S DALAM BAHASA INDONESIA TENTANG PERTUALANGANNYA DI INDONESIA DAN KAWASAN ASIA TIMUR ADALAH MAHAKARYA PAK IWAN YANG PALING MUTHAKIR YANG MERUPAKAN RANGKUMAN DARI 500 ARTIKEL YANG PERNAH DITAMPILKAN DALAM BLOGNYA secara terpisah,acak dan tidak profesional  , CONTOH E-BOOK DIBAWAH INI ADALAH CUPLIKAN DARI BUKU ELEKTRONIK YANG AKAN DITERBITKAN SECARA PRIBADI DALAM EDISI TERBATAS 100 EXPL.SAJA, HAK CIPTA BUKU INI DITAWARKAN KEPADA PENERBIT BUKU SEPERTI GRAMEDIA DLL DENGAN MEMBORONG SELURUH EDISI TERBATAS ATAU SECARA PATUNGAN OLEH 100 ORANG KOLEKTOR BUKU DAN KOLEKSI UNIK , TAWARAN MINIMAL DARI US $ 100.- MULAI SAAT INI SAMPAI SATU AGUSTUS 2010,DAFTARKAN DIRI ANDA  MELALUI KOMENTAR DAN NANTI AKAN DIHUBUNGGI OLEH EDITOR UNIQUE COLLECTION CLUB UNTUK ADMINISTRASI LEBIH LANJUT, TAWARAN INI HANYA SATU KALI INI SAJA.APABILA ADA SPONSOR PADA TANGGAL 1 AUGUSTUS 2010,MAKA E-BOOK INI AKAN SAYA RAMPUNGKAN DALAM SATU BULAN,DAN AKAN DIKIRIM LANGSUNG SETELAH ADMINISTRASI BERES KE SPONSOR VIA E-MAIL.Dr IWAN AKAN MENUNGGU SAMPAI KAPANKUN SPONSORSIP AGAR SEGERA E-BOOK INI DAPAT DIRAMPUNGKAN,BILA TIDAK ADA AKAN DIWARISKAN KEPADA ANAKNYA EDITOR BLOG ANTON JS. SAYA YAKIN PASTI SUATU WAKTU AKAN ADA YANG TERTARIK DENGAN E-BOOK INI SEPERTI KATA PELUKIS AFFANDI .”SAYA TIDAK PEDULI ORANG SUKA ATAU TIDAK SUKA DENGAN KARYA SAYA,BIARKAN MEREKA MENIRU DAN MEBAJAK,SILAHKAN, SUATU WAKTU ORANG AKAN TAHU APA KARYA SAYA,HASIL DARI JERITAN KALBU SAYA,YANG PENTING SAYA TERUS BERKAYA SAMPAI AKHIR HAYAT SAYA” Dr iwan MEMPEDOMANI PENDAPAT TERSEBUT.

Besar harapan saya dengan adanya sponsor ,e-book ini dpat disusun lebih profesionanl dengan bantuan editor yang handal seperi J.Pour dna say sudah memiliki teman baik yang phothraper profession Indra sanusi ( ia suadah menyatakan persetujuannya). serta tenaga lay out dsbnya yang lebih professional, harapan saya adalah Gramedia karena Bapak Jacob Oetama pimpinan  Gramedia groep adalah idola saya sampai nama famili sya diambil namanya OETAMA untu Oe  atu U sama artinya  dengan Ngu,suku U dalam bahasa kakek saya fukien adalah Gho marga saya, Pak Jacob dan mendiang PK Ojong adalah teman baik paman saya yang juga jadi idola saya Drs A.R. ABDISA yang banyak mempengaruhi hidup saya. Bagaiman Bapak Jacob Oetama, saya tidak kenal Bapak mungkin ada kolektor yang dapat memberi tahu beliau tentang rencana e-book saya ini,sebelumnya terima kasih banyak Pak Jacob Oetama,minimal nasehat anda buat saya menginggat mendiang paman saya AR ABDISA. yang putranya sepupu saya rafael dan Michael  Abdisa konsultan pajak di Jalan Batutulis Pasar baru.

___________________________________________________________________________

                                             KISAH PERTUALANGAN Dr IWAN

                                   *C01

                                                              Disusun oleh

                                                      Dr Iwan Suwandy,MHA

                                                     *C002

                   Berdasarkan perjalanan pribadi di Indonesia dan kawasan Asia Timur

                         Dengan Koleksi Unik yang ditemui saat perjalaan tersebut

                                     EDISI PRIBADI TERBATAS KHUSUS

                            UNTUK KOLEKTOR BUKU DAN BENDA UNIK

                                  JAKARTA @HAKCIPTA Dr IWAN S 2010

*c001 gambar kartu undian berhadiah ditemui di Hanzhou Guillin Tiongkaok selatan 2009.

*C002 profile Dr IWAN saat pernikahan 1973.kta temannya ia berwaja lugu (innocent face)

.

______________________________________________________________________

KATA PENGANTAR

SETELAH BERLAJAR MENULIS KISAH – KISAH PERJALANAN PRIBADI SAYA DI INDONESIA DAN ASIA TIMUR DALAM BLOG INTERNET SAYA YANG LAMA uniquecollection.wordpress.com  BAIK DLAM BAHASA INDONESIA MAUPUN INGGRIS, BANYAK TEMAN-TEMAN KOLEKOTR TERMASUK BERBAGAI PIHAK MEMANFAATKAN INFORMASI INI GUNA KEPENTINGAN PROMOSI BISNISNYA DENGAN ATAU TANPA IZIN PEMILIK HAK CIPTA YANG DPAT DIPANTAI DLAM TAG, MAKA SAYA MEMBERANIKAN DIRI MENERBIT BUKU ELEKTRONIK INI SEBAGAI PROMOSI DI BLOK INTERNET YANG BARU KARENA YANG LAMA SUDAH PENUH iwansuwandy.wordpress.com.

IDE PENULISAN BUKU INI ADALAH BUKU BELIEVE OR NOT(PERCAYA ATAU TIDAK) DAN BUKU KARYA DEFOE KISAH PERTUALANGAN TOM SAWYER, SEMULA BUKU INI DIBERI NAMA KISAH PERJALAN Dr IWAN S DAN KOLEKSI UNIK YANG DITEMUI, TETAPI BEBERAPA PEMBACA MENYEBUTNYA SEBAGAI KISAH PERTUALANGAN DR IWAN S KE ASIA TIMUR UNTUK MEMPEROLEH KOLEKSI UNIK,  dan ada yang menambah komentar sesuai bidang bisnisnya seperti baik dijadikan contoh untuk generasi muda dan ini kisah pertualangan pertama kolektor, KIsah Perjalanan yang dapat dijadikancontoh untuk perjalanan tour anda,dan sebagiannya.

SELURUH KISAH PERTUALANGAN YANG MERUPAKAN ARTIKEL NON PROFESSIONAL PERCOBAAN YANG SUDAH DIMUAT DALAM BLOG INTERNET  SAYA YANG LAMA SEBANYA 349 ITEM  DAN BARU E-BOOK 51 ITEM,  AKAN SAYA KOMPILASI DENGAN KISAH PERTUALANGAN SAYA YANG LAINNYA MENJADI SUATU BUKU YANG AMAT MENARIK DAN DILENGKAPI DENGAN ILLUSTRASI FOTO DAN KOLEKSI UNIK YANG SAYA TEMUI SAAT PERTUALANGAN TERSEBUT.

SAYA SADAR BAHWA MASIH BANYAK KEKELIRUAN DAN KEKURANGAN INFORMASI DALAM BUKU INI,OLEH KARENA ITU KOREKSI DAN SARAN SANGAT SAYA BUTUHKAN DAN HARGAI DEMI UNTUK PERBAIKAN DALAM EDISI BERIKUTNYA.BUKU INI AKAN DIEDIT OLEH TENAGA PROFESIONAL DAN DENGAN ILLUSTRASI PHOTO OLEH PHOTOGRAPER YANG PROFESIONAL,DALAM CONTOH MASIH MENGUNAKAN PHOTO PRIBADI SAYA YAMG KURANG PROFESIONAL.

uNTUK LEBIH MERESAP DIHATI PARA KOLEKTOR, SAYA MENULIS DUA BALADA ,SATU SEBAGAI BALADA PEMBUKAAN BERJUDL BALADA KOLEKTOR SEJATI JERITAN KALBU SYA ATAS KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN SAYA SEBAGAI KOLEKTOR, DAN BLADA PENUTUP BERJUDUL BALADA PELUALNAGN DI KOTA BOGOR HARI INI  YANG MERUPAKAN JERITAN KALBU SYA SAAT BERTUALNG PAGI HARI INI 12 JULI 2010 DI KOTA BOGOR SEMOGA KUMP[ULAN KISAH INI YANG MERUPAKAN BIOGRAFI SAYA SEBAGAI KOLEKTOR DAN PETUALNG MULAI DARI  TAHUN  1955 SAMPAI SAAT INI 2010 BERKESAN BAGI PARA KOLEKTOR DAN BUKU ELEKTRONIK PREMIUM INI DIKOMPILASI DALAM RANGKA PERINGATAN DUA PULUH LIMA TAHUN KOLEKSI UNIK INDONESIA  Dr IWAN S.  

TERIMA KASIH KEPADA BERBAGAI PIHAK BAIK DALAM NEGERI DAN LUAR NEGERI YANG TELAH MEMBANTU SAYA SEHINGGA BUKU INI DAPAT DIRAMPUNGKAN SESUAI RENCANA KHUSUS PARA SPONSOR DAN DOA RESTU DARI TEMAN-TEMAN.

BUKU ELEKTRONIK INI SAYA TULIS KHUSUS UNTUK ISTERI TERCINTA LILY DAN ANAK-ANAK SAYA ALBERT DAN ANTON SERTA ISTERI ALICE DAN GREECE SERTA CUCU-CUCU SAYA SESA,CELINE DAN ANTONY, INILAH KENANG-KENANGAN DARI SAYA PRIBADI.

TERIMA KASIH JUGA KEPADA PARA KOLEKTOR DAN PENERBIT YANG TELAH MENSPONSORI TERBITNYA BUKU ELEKTRONIK INI, SEMOGA SEMANGAT JUANG SAYA DALAM PERTUALANGAN INI DAPAT DIJADIKAN PEMICU SEMANGAT KAUM MUDA GENERASI MENDATANG.

JAKARTA,JULY 2010

*c003

Dr IWAN SUWANDY,MHA

*c003 foto profil Dr Iwan dengan koleksi mobil toyota Soluna tahun 2000.

_______________________________________________________________________

BAB SATU KISAH PERTUALANGAN DI INDONESIA

BALADA PEMBUKAAN BERJUDUL BALADA KOLEKTOR SEJATI

BALADA KOLEKTOR SEJATI
Oleh Iwan S.

Bertahun Tahun Kucari Benda Unik yang menakjubkan
Agar timbul rasa senang dan bahagia saat “ia” menjadi milikku .
Aku perlihatkan koleksi tersebut dengan rasa bangga tetapi sungguh kecewa ternyata tidak menimbulkan rasa “Wah”, tetapi kuselalu tabah menyimpan ”nya” kesayanganku.

Akhirnya apa yang kuharapkan terwujud juga, seorang Bule berteriak O!O!O! sambil memegang kepala saat melihat”nya” Ia berkata“ Very Rare Colection “ yang artinya koleksi sangat langka , tetapi saat kukatakan tidak dijual dengan tawaran harga gila , ia menjadi sewot dan menulis surat “I am a Bloody Dutchman can buy” artinya Saya Orang berdarah Belanda yang mampu beli . Aduh sombong benar dia !
Apa yang terjadi, satu tahun kemudian seorang kolektor lokal membelinya denga nilai 10 kali tawaran si Bule dan sepuluh tahun kemudian dijual 5 kali lipat kekolektor Amerika.

Isteri saya berkata “Koleksimu kotor jelek tak sedap dipandang” , lalu ia beli keramik “Ming” indah yang kemudian diketahui buatan repro baru pesanan pedagang Sungai Sarik yang nakal . sungguh kasihan mau nuntut kemana orangnya sudah meninggal dunia.

Begitulah nasibku kolektor yunior, namun sebagai kolektor sejati tak kenal menyerah dan maju terus dengan kajian segala jenis kepustakaan .
Akhirnya setelah purnawirawan delapan tahun kutemukan katakunci kolektor yaitu prediksi nilai investasi koleksi unik secara ilmiah perlu diadakan sebelum membeli “nya”.
Cintailah koleksi mu yang penting unik dan “ia” akan menemanimu Siang dan Malam setiap saat sampai akhir hayat

I. PERTUALANGAN DIKOTA PADANG 1948-1955

 *illoo4

Saya adalah petualang and kolektor sejak lahir, saat berumur tiga tahun karena tidak betah diam dirumah akibat saudara-saudara dan temannya tidak dapat mengikut sertakan saya bermain akibat umur yang jauh lebih kecil maka sdaya cari pertualangan dengan bermain bola dilapangan didepan rumah sekola di jalan pulau karam  yang kemudian dijadikan lapangfan basket dan sempat mengoda paman saya Hardy Firgo lagi pacaran dirumah sebeang lapangan tersebut. Papa kemudian memasukkan saya ke Taman Kanak-kanak saat berumur  3 tahun , tetapi dasar kolektor sepanjang jalan menuju sekolah saya selalu melihat kiri kanan dan menangkap segala seranga dan meilhat ikan di selokan , sehingga saudar saya terlambat masuk sekolah. Selama dua tahun di TK,karena badan saya cepat berkembang,tangan dapat memegang telingga saya dirterima di Kelas satu saat berumur lima tahun.

Perubahan yang sangta pesat terjadi pada tahun 1955 saat saya beumur sepuluh tahun setelah saya bertemu guru yang mengerti pribadi anak-anak yang selalu menghargai prestasi murid, setiap memperoleh angka bagus diberi hadiah,saya masih ingat Ibu Lena  guru yang paling banyak membentuk prilaku pribadi dan memacu saya untuk maju, karena sering main bola dengan anaknya pelatih perhimpunan Sepak Bola Padang Tjia Pit Kay yang menjadi idola saya namanya masih saat ingat sampai saat saya menulis e-book ini Ronny Tjia keturunan Indo Tionghoa Belanda. Papa tidak setuju saya keluar rumah setiap sore dengan tanpa izin main bola,  maka dibelilah net pingpong dan raket, saya main pingpong setiap sore dengan kakak saya Edhie, dasar petualang yang berani, maka saya sangat maju dalam tehnik bermain pingpong karena membaca majallah pemain pingpong dunia saat itu dari Jepang dengan grip raket type  pegangan pena(pen holder). Sebenarnya kaka saya bermain lebih bagus karena setiap latihan ia selalu menang, tetapi bila dalam pertandingan agak sedikit grogi, lain dari saya sang petualang tanpa grogi maju terus tak peduli siapa termasuk juara pingpong padang saat itu yang dikenal dengan sebutan  Guru Thio Tjoe Beng,saat terakhir saya bertemu dia tahun 2004 masih ingat saya. hampir seluruh pemain yang andal dari padang sudah saya kalahkan termasuk Dr Poernomo,ex suami Dr Sonya Rosma ,ahli aneasthesi di RS Pertamina,yang kemudian pisah dari Dr Sonya,dan nikah lagi,katanya sesudah pensiun kembali ke Padang,saya tidak tahu informas terbaru, Thio Tjoe Beng si Guru sudanh meninggal dunia.

Pertualangan pertama kelling Sumatera Barat pada tahun 1955, dna petulangan yang sangat mengubah jalan hidup saya adalah mengikuti pertaningan kejuaran pingpong Sumatera Tengah tahun 1957 dalam rangka persiapan ke PON III di Makasar, silahkan  baca dibab berikutnya.

*ill004 profil Dr IWAN 1948,berumur tiga tahun di depan rumah Kalikecil,belakang Tanah Kongsi Padang.SUMBAR.

II.PERTUALANGAN DISUMATERA BARAT 1955-1958

1. Kisah Pertualangan keluarga dari Padang-Singkarak-Bukittingi 1955

*ill 005

*ill005 PROFILE iwan 1955 kanan depan bersama keluarga di fort de kock Bukittingi 1955

2.KisahPertualangan Dr IWAN ikut pertandingan  Kejuaraan Tennis Meja  Sumatera Tengah  untuk ikut PON III Makasar 1957

Saya menikuti pertandingan kejuaraanTennis Meja propinsi  Sumatera Tengah meliputi tiga daerah sumatera Barat,Jambi dan Riau , pada saat itu berumur 12 tahun,peserta yang paling muda dalam seluruh atlit SUMBAR. Saya masih ingat sampai saat ini, benart-benar pertualangan, siang hari pulang sekolah saat itu kelas enam SD St Andreas Padang, saya membaca surat Kabar Haluan Padang bahwa akan ada pertenadinga tersebut , dan saya mengajak kaka saya Edhie untuk mendaftar,semulanya ia tidak mau katanya masih kecil tidak boleh ikut, tetapi dasarnay petualang,saya merengek terus sampai kakak saya terpaksa ke rumah Bak Jan Wijaya ( nantinya  malah jadi keluarga karena mertuanya saudara kakek isteri saya) , saat Pk Yan melihat saya katanya kamu masih kecil sekolah saja dulu, tetapi saya ngotot dan akhirnya ia setuju. Apakah yang terjadi,semuanya tidak masuk akal , karena saya murid SD berumur 12 tahun dapat menkalukan seluruh pemain tennis meja senior di kota Padang dan kemudian utusan dari Jambi dan Riau, sayang saya tidak diizinkan papa ke Makasar naik kapal Biduri yang menempuh waktu satu bulan, maka terpaksa saya batal ke PON IIII Makasar,dengan janji nati bila sudah lebih besar akan diizinkan,ternyata janji papa ditepati dengan saya mengikuti kejuaran tennis Meja Indonesia di Surabaya tahun 1958, tetapi kalah dibabak kedua dengan juara Tennis Meja Indonesia, saat itu saya dasar petualang sudah mulai pindah cabang olah raga Tennis Lapangan yang membawa saya bertualang ke Semarang tahun 1959 tetapi kandas lagi kalah dibabak kedua dengan juara Indonesia saat itu Tan Liep Tjiau, tetapi saya teap berjuang sampai merebur Juara Sumatera Barat dari Dokter Azhari,dan kemudian Juara Tennis seluruh Sumatera, tetapi saat Pon yang batal tahun 1965,dan diganti PORWIL Sumatera di Medan 1967 saya mengalahkan diri si semifinal karena tahun pemenang satu dan dua akan masuk TC di Jakarta dalam rangka Ganefo,maka saya menghentikikut kejuaran Tennis agar pendidikan tidak terganggu. Kisah ini dpat dibaca pada bab berikut lebih terperinci. Sampai saat ini bila ada yang ketemu saya selalu mengatkan masih ingat saya, masih main pingpong atau tennis, tetapi umumnya saya sudah lupa karena demikian banyak pemain olah raga,mereka ingat saya karena mereka mengidolakan saya. Ternyata jalan hipu dengan penuh pertualangan ini sangat mempengaruhi karier saya dikemudian hari.

III. PERTULANGAN DI JAWA 1958-1959

1. kisah pertualangan saat ikut Kejuaran Tennis Meja Indonesia di Surabaya 1958

2.Kisah pertualangan saat ikut Kejuaran Tennis Indonesia di Semarang 1959

IV.PERTUALANGAN DI SUMATRA 1959-1967

1. Pertualangan naik Bus Padang Medan dengan teman Papa Ang Toen Hien 1962

2. Pertualangan Kejuaran Tennis Sumatera 1963-1963

3. Kejuaran Tennis Sumatera Barat dalam arngka PON Jakarta 1965

4.Kejuaraan Tennis PORWIL Medan 1967

V. PERTULANGAN KE SILABU PAGAI SELATAN 1971

 * *

*tempat  tembakau mentawai design monyet

* penduduk asli mentawai selalu merokok linting tembakau

VI.PERTUALANGAN DRS MED IWAN  BERBURU PRANGKO DI JAKARTA TAHUN 1971

1. Pendahuluan

Pada saat mengikuti praktek Kerja di fakultas Kedokteran UI tahun 1957, saya tinggal kos di salemba Tengah  dans etiap sabtu dan minggu dirumah Paman almarhum Drs Anton Abdisa di Cawang , saat inilah saya memperoleh katalogus yvert pertama dan melihat koleksi prangko paman saya, dan saya mulai berbur prangko di Jakarta karena ada teman dari Solo yang ingin membeli prangko saat ketemu ditoko Gunung Agung jalan Kwitang, ternyata  kemudian saya baru tahu ia seorang pendeta pantekosta, certa terperinci baca pada baba selanjutnya

2. Berburu prangko di depan Kantor Pos Pasar baru

Pada saat inilah saya ketemu tempat orang pedagang kaki lima prangko didepan Kantor Pos Pasar Baru yang saat ini jadi Mueum filateli yaitu Mak Itam. Mak Chatic, Oom Tjoa Mangga Besar  yang kisahnya sebagai berikut:

a. Mak Itam

b.Mak Chatib

c. Ooom Tjoa Mangga Besar 

3. B erburu prangko di pasar Bulan Jalan Hayam Wuruk

Digang sempir ini saya bertemudengan dua orang pedagang prangko yaitu Mpek Kok Sioe dan keponakannya Beng Hoei. kisah terperinci silahkan baca dibawah ini:

1) Mpke Kok Sioe

2) Beng Hoe

4. Berburu prangko di Jakrta 1972 Saat praktek kerja bagian  THT

VIII.PERTUALANGAN DI PANASAN SOLO DAN JAWA TENGAH 1973

Pertualangan ini karena terpaksa akibat permohonan saya ikut spesialisai Paru-Paru (Pulmonologi) ditolak Dekan Prof Hanif,kendatipun saya sudah menghadap dan menyampaikan surat rkomendasi dari Kepala Bagian Pulmonologi Bukittingi Prof Sjahrial (in memoriam), alsannya saya tidak tahu apakah karena saya berwjah lugu dan bermata sipit, tetapi yang jelas keputusan pertualangan ini memngubah jalan hidpu saya, saya mendapat atwaran dari Inspertor Polda Sumpubar(IRPOLDA,saat itu masi SDKOMDAK) dan Kepadala Dinas Kesehatan SKOMDAK Sumar Dr Mahjuddin untuk mengikuti WAMIL bagian POLRI ,diberi waktu berpikit hanya satu jam, saya jadi nekat bangsa petualang jadi Polisi lebih baik,walaupun latihan militernya bersama tentara karena saat itu polisi dibawah ABRI, cerita selengkapnya baca dibawah ini.:

1) Kisah Lamaran spesialisasi Pulmonologi Di tolak 1972

2) Kisah test WAMIL bagian POLRI 1973

3) Kisal Latihan Wamil ABRI Panasan Solo dan Bertemu Pendeta Solo

IX. PERTULANGAN DI TAPANULI DAN MEDAN DENGAN TOYOTA CORONA 1976

Pada tahun 1976 saya menganti mobil toyota corolla army green 1974 dengan Toyot Corona apple green 1500 ccc 1976, saat isteri saya sedang hamil 3 bulan (anton), saya bertualang ke Medan dengan mobil itu dar Solok-Padangpanjang- Lubuk iskaping-muara sinpongi-Kotanopan-Siboga-Tarutung-Parapat- Medan. kisah selengkapnya:

1) Solok-Padnag panjang-Bukittinggi Lubuk sikaping

2) Lubuk Sikaping-Talu-Muara sipongi-Kotanopan

#)KotaNopan-Siboga-Tarutung-balige Parapat-medan.

X.PERTUALANGAN PADANG-JAKARTA-BALI DENGAN PESAWAT GARUDA 1978

 *

*Dr IWAN AND NJI POLOK isteri pelukis La Meiyer di Musuemnya bali sanur1979

pERTUALANG YANG MEWAH INI ,karena saat ini saya memiliki penghasilan lumayan saat praktek kedokteran di Solok, saya dengan isteri naik pesawat dari padang ke Jakarta dan terus ke Denpasar,setelah itu kisah terperinci :

1) Jakarta-Den Pasar dari lapangan terbang Halim

2) Suasana di Airport Ngyurah rai Bali

3) Keliling Bali ke objek benda seni museum La maeue, pasar seni, Idabagus Tilem & Nyana, Ida Bagus Tilem dan Musuem lukisan di Ubud dan Panati Kuta :

1) Museum La maeyer

2) Ida Bagus Nyana & Tilem Art Shop di  Mas

3) Musuem lukisan Ubud

4) galeri Ida Bagus Tilem Ubud

XI PERTUALANGAN PADANG BALI DENGAN JEEP TOYOTA DIESEL BJ40 1984 

 *

*Pertualangan bersama keluarga dari Padang ke Bali dengan Jeep Toyota Fiesel BJ 40 tahun 1984

XII.PERTUALANGAN DI JAWA BEBURU KOLEKSI UNIK DENGAN TOYOTA DIESEL BJ 40 DI PULAU JAWA 1989-1990

 *

*Dr IWAN saat pelantikan Master  of Hospital Administration (MHA) 1990

XIII PERTUALANGAN DI KALIMANTAN BARAT 1990-2002

XIV. PERTUALANGAN KE AMBON DAN PAPUA 1996

XV. PERTUALANGAN KE MEDAN-ACEH-SUMBAR DAN RIAU 1997

XVI. PERTUALANGAN KE TIMTIM 1999

 *

*PROFILE Kol. Pol. Dr iwan suwandy,mha saat bertugas ke timor timur saat jajak pendapat 1999 guna mengevaluasi persiapan kesehatan POLRI sebagai bagian dari Polsisi International jakak pendapat, tetapi tugas ini seperti mission imposible penuh pertualangan. akhirnya penisun tahun 2000 dengan istilah pangkat baru KOMBESPOL PURNAWIRAWAN. 

BAB DUA KISAH PERTUALANG DI KALIMANTAN BARAT,SARAWAK,BRUNEI DAN SABAH

I. PERTUALANGA KE SARAWAK PADA RALLI AAUTO PONTINAK KUCHING 1994

II. PERTUALANGAN KE KETAPANG KALIMAN BARAT 1994-2001

III. PERTUALANGAN KELILING KALBAR DENGAN PAK BAGONG 1990-1994

IV. PERETUALANGAN KE KUCHING.SINGAPORE DAN KUALALUMPUR 1994

BAB TIGA KISAH PERTUALANGAN DI TIMOR TIMUR SAAT JAJAK PENDAPAT TAHUN 1999

BAB EMPAT KISAH PERTUALANGAN DI REPUBLIK KOREA 2006

BAB LIMA KISAH PERTUALANGAN DI ASIA TIMUR SELATAN TAHUN 2007-2009

I.PERTUALANGAN KE BANGKOK1995-1997

II.PERTUALANGAN KELLING ASIA TEENGARA SELATAN BANGKOK-KAMBOJA-HOCHI-MINH CITY,HANOI-NAMNING  2007

1.Bangkok

2. KAMBOJA

* ** *** ****

*sungai mekong           ** Kantor pos phnomphen

*** Pasar antik Rusia  **** musuem Genoside

III. KISAH PERTUALANGAN KE TIONGKOK 2008-2009

1. FUKIEN 2008

2.BEIJING 2008

3.GUILLIN 2009

 *

* kartu kredit surga, sebagai persembahan yang dibakar untuk keluarga yang telah meninggal agar dapat di pakai didunia lain, juga ada koleksi uang surga,mobil surga,handphone surga dan sebagainya ,ini tradisi tiongkok terkait reinkarnasi,ditemukan di Hangzouguillin tahun 2009,ada juga ditemukan di Indonesia.

BAB ENAM KISAH PERTUALANGAN DI TIONGKOK TAHUN 2007-2009

KESIMPULAN DAN PENUTUP

1.KESIMPULAN

1)KISAH PERTUALANGAN INI MERUPAKAN AUTOBIOGRAFI PRIBADI Dr IWAN SUWANDY,HA DARI SUDUT HOBBYA PETUALANG DAN KOLEKTOR BENDA UNIK SEJAK BERMUR 3 TAHUN (1948) SAMPAI SAAT SETELAH PURNWIRA ALIAS PENSIUN (2000) DAN SEBAGAI BLOKKER SAMPAI SAAT INI (2009).

2) HASIL DARI PERTUALANGAN DAN HOBBYNYA Dr IWAN TELAH BERHASIL MENGUMPULKAN BERBAGAI INFO DAN KOLEKSI UNIK, YANG TELAH DILAPORKAN DALAM 349 ARTIKEL DALAM BLOGNYA YANG LAMA UNIQUECOLLECTIONS.WORDPRESS.COM DAN E-BOOK TERBATAS DAPLAM BLOG YANG BARU iwan suwandy.wordpress.com  BEBERAPA SAMPLE DARI E-BOOK :

(1).E-BOOK BORNEO AND THE INDIAN ARCHIPHELAGO 1848

_____________________________________________________________________

     

              

BORNEO and THE INDIAN ARCHIPELAGO

       Drawing of costume and scenery

  *woodcut no3 page 23

                                   BY

               FRANK S. MARRYAT

                            LONDON

 Longman,Brown,Green. and Longmans

                Paternoster -Row

                         1848

@copyright Dr IWAN S as the the owner of original book 2010

__________________________________________________________

(2).THE VINTAGE BORNEO COLLECTIONS

________________________________________________________________________

                       THE VINTAGE WESTBORNEO KINGDOM COLLECTIONS

                           Compile by Dr IWAN S from his private collections

                                      

                                 

                                  Limited private  e-book special for collectors

                                        Jakarta @copyright Dr IWAN S 2o1o

____________________________________________________________________

(3) NILAI INVERTASI KOLEKSI UNIK

PROMOTIONAL SAMPLE OF THE BOOK.FORBIDDEN TO COPY @COPYRIGHT Dr iwan S. 2010.

                                    STUDI KEPUSTAKAAN NILAI INVESTASI KOLEKSI UNIK

                                                      @COPYRIGHT Dr Iwan S 2010.

                      S T U D I    K E P U S T A K A A N NILAI INVESTASI KOLEKSI UNIK

                                           

           kartu pos ultah I kemerdekaan RI yang  langka

                                             OLEH

                                                                 Dr  I W A N   S

                                  Publikasi Pribadi terbatas 100 expl. Khusus Untuk Kolektor

_____________________________________________________________________

LAINNYA DAPAT DILIHAT PADA blog iwansuwandy.wordpress.com sebanyak 51 item.

2.PENUTUP

Setelah berjuang dang mengarungi lautan dan alam kehidupan yang menempuh banyak cobaa,goodaandan terpaan sampai hari ini Dr IWAN tetap bersemangat, dengan wajah lugu dan bermata sipit yang banayk keuntungan dan kerugiannya, biarlah aku tetap hidup tenang segala badai dan terpaan kuhadang dengan hati suci kawan atau musuh kuanggap sahabat, kawan menambanh semangat, musuh yang menjadi ancaman kubuat jadi tantangan, percayalah tanpa ancaman dan tantangan hidup ini akan hambar tanp semangat,biarkan badai berlalu, biarkan anjing mengonggong kafilah jalan terus. Kuingat beberapa filsoifi dari orang tua,teman dan senior saya yang selalu  saya  perhatikan dan pedomani dalam hidup:

a. BILA CEPAT HANYA SELANGKAH JANGAN MENDAHULUI

b.JIKA PINTAR JANGAN MENGURUI

c. BANGUN SEBELUM MATAHARI TERBENAM KERJA KERAS SAMPAI MATAHARI TERBENAM

d. JANGAN PAKAI FILOSOFI ASAL BAPAK SENANG DAN KURUS LURUS

e. JAGA KESEIMBANG DALAM HIDUP YAITU KESEHATAN, BAHAGIA,PANJANG UMUR  DAN KEKAYAAN (DALAM BAHASA CINA DITULIS DALAM HURUF YANG SAMA SHOU), JANGAN UTAMAKAN SALAH SATUNYA DENGAN MENGORBANKAN YANG LAINNYA

f, CITA-CITA DAN NIAT YANG BAIK AKAN SELALU MENGHASILKAN PERBUATAN YANG BAIK,JANGAN SEBALIKNYA.

g. SENYUM TULUS CERMINAN HATI YANG SUCI BUKAN  SENYUM PURA-PURA CERMINAN HATI YANG JELEK. APAKAH ANDA DAPAT MEMBEDAKANNYA? BELAJATLAH BAHASA TUBUH.

h. BERBAKTI KEPADA TUHAN,GURU DAN NENEK MOYANG ADALAH NASEHAT KONFUSIUS YANG PERLU MENDAPATKAN PERTIMBANGAN.

BALADA PEN UTUP BERJUDUL BALADA PERTUALNGAN DIKOTA BOGOR HARI.

BALADA PERTUALNAGAN DIKOTA BOGOR PAGI INI

Pada pagi yang sangat cerah kubejalan dengan isteri tercinta kekota Bogor mengantarnya ke pingir kota bogor di Jaln Dr Semru

Telah lama ku tak kekota bogor, walaupun dulu ku pernah pertama kali meliwatinya tahun 1961 saat belum ada jalan tol jalan ini dengan mulus kuliwati

Saat ini setelah ada jalan tol yang sangat mulus dengan cepat ku tiba di kota Bogor, tetapi ku nyasar tidak paham jalan yang diatur berliku-liku macet penuh Angkot.

Benarlah istilah Bogor Kota Sejuta Angkot, kuliwati jalan yang kukenal sebelum ini, ternyat setalh berputar-putar kembali lagi kedepan istana bogor, kumasih ingat tahun 1959 pernah menginap didepannya dihotel Salak yangsangat indah dan sejuk tetapi saat ini semerawut,macet dan muai terasa gerah.

Setelah bertanya kesana kemari hampur dua jam ketemulah jalan dR Semeru yang dulunya dipinggir jalan raya lama jakarta Parung Bogor,oh akhirnya keemu juga kau kata orang medan. 

Menunggu isteri tercinta melaksakan kegiatannya seharian penuh sampai jam lima sore kumulai pertualnganku ke area  sekitar kebun raya Bogor berburu koleksi unik,oh sungguh senang hatiku tetapi macet!!!!macet!!! terpajksa naik becak dan angkot biar tidak nyasar, dasar petualang tetap maju terus walaupun naik angkot terakhir tahun 1971 sudah lama sekali, ternyata warnanya masih hijau nomor sepuluh kuingat terus agar tidak lupa trayek pasar Mawar dan kemudian jalan-kaki karena saat naik becak lima ribu rupiah ternyata dekat sekali kepsar tersebut hanya sepuluh menit saja,sialan iut becak gue dikibulin,tetapi biarlah hatikuseang dpat memecahkan misteri perlalulintasan Kota Bogor yang unik ini.

Aduh Mak, ternyata lima belas menit sang Angkot dengan pilotnya yang sangat trampil smapilah diriku di area kebun Raya Bogor.

Hampir dua puluh tahun ku tak pernah kearea tersebut, ternyata masih smam dan tampah macet-

Walupun demikian hatiku senang karena walupun ku tidak memperoleh hasil koleksi langka dalam pertualangan ini.

Tetapi Ku temui informasi langka yang kucari puluhan thaun

Buku lama dengan informasi langka pelaksaan tugas kontigen Garuda Indonesia dalam msi di Timur Tengah saat perang Timur tengah antara Israel dan Mesir tahun 1954 disekitar Terusan Suez, wwooo amizing kata orang bule, dibalik lagi more amzing kisah penumpasan PARAKU Pasukan Komunis negara Boneka Kalimantan Utara di Kalimantan Barat melengkapi info yang kuperoleh dikalbar tahun 1994 yang lalu. Juga beberapa uangkertas dan koin yang dapat menyokong tulsian ku.sungguh menakjubkan ,very very amizing !!!!!!!!!!

Kekkembali kelokasi dengan mulus naik angkot no.sepuluh, tteapi waktu kembali liwat jalan ciledek belok kanan Mall Giant dulunya Hero di CImanggu yang mulai digarap sebagai jalang Lingkar luar Kota Bogor ke jalan Tol Bogor-Jakarta yang dikenal Jagorawi hampir—hampir—nyasar bking isteri tercinta jadi sewot, untung kata pak untung raharjo,selalu ada untungnya ketemu rumah makan sedah isteri tercinta senyum lagi sungguh diriku bahgia karea sayangku jadi bahagia.

Kendatipun demikian syangku jadi sewot lagi karena harus bayar tol dua kali,jalan tol yang belum rmpung ternyata sudah dipunggut bayaran,sialan…sialan…. Pak SBY kasihan dong aku yang sudah tua rentah ini………biar gratis dulu seperti saat jalan tol Pastur Bandung  baru  gratis!! Gratis !!! apakah orde baru lebih manusiawi ….jawab sendiri  !!!!!!!

Akhrnya smapi dirumah, badan cape hati senang,mandi langsung bobok tengah malam bangun lalu kutulis balada inio.

Apakah ini Balada atau ocehan silahkan beri nama sendiri, tak ambil pusing aku bukan satrawan,tetapi kuberi nama yang indah BLADA PERTUALANGKU DIKOTA BOGOR PAGI INI  indah,macet,menakjubkan !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

SELESAI@HAK CIPTA Dr  IWAN SUWANDY 2010.

___________________________________________________________________

3 thoughts on “PUI-KISAH PERTUALANGAN Dr IWAN

    • iwansuwandy August 16, 2010 / 1:49 pm

      Hallo Mr Thomas Gerissman, please wainting until my book :The Adventur oD Dr Iwan S kave issued, now dtill in processing, In that book you
      will have more info,but in premium not free e-book. please waiting I will annouced in the blog when the finish issued.
      sincerely your
      Dr Iwan S.

      • Thomas Geissmann August 16, 2010 / 2:41 pm

        Dear Dr Iwan S,
        many thanks for the reply. Unfortunately, I am not able to read Indonesian language (or your blog). Will your book be in English? If not, could I communicate with you about Mentawai tobacco boxes using regular e-mail?
        Many thanks for your consideration.
        Sincerely,
        Thomas Geissmann
        Anthropological Institute, Zürich University, Switzerland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s