KOLEKSI MOBIL TOYOTA

iwansuwandy.wordpress.com@copyright Dr Iwan S 2010

                                KOLEKSI MOBIL TOYOTA ASTRA 

                                    @copyright Dr Iwan S 2010.

 

                            *ill C-001

                                                   OLEH

                                                Dr IWAN S.

                

                                 Khusus untuk kolektor mobil antik

                                                Jakarta 2010

*ill C-001 putra saya anton dengan mobil Toyota diesel BJ-40 yang saya cintai ,saat bertualang dari Padang ke Bali tahun 1984,sekarang anton malah kerja jadi manejer marketing di Toyota Astra Mobil Jakarta.

I.PENDAHULUAN
Sebagai pecinta mobil Toyota sejak dari awal saya selalu mempergunakan mobil produksi Toyota Astra Mobil (TAM) umumnya generasi pertama baik dari asembling CKD(complete knock down) seluruh komponen diimpor dan dipasang di Indonesia olehpabrik TAM yang saat itu masih bergabung antara pabrik dan pemasaran (saat ini sudah terpisah), merupakan patungan antara Astra dan Toyota Motor Coooperation Jepang .

                                      

Mobil pertama adalah Toyota corolla 1000cc green army 1974 .lihat foto mobil tersebut dengan putra pertama saya Albert pada saat baru kembali dari rumah sakit bersalin december 1974.

                                          

mobil ini kurang kuat nanjak sebab mesinnya kecil ,oleh karena saya bekerja ditempat yang tanjakannya sangat tinggi maka mobil ini dipakai oleh orang Tua , sangat awet tetap masih tokcer sampai tahun 1995 dilego karena ayah sudah meninggal dan ibu sudah tua . Mobil ini tidak pernah macet atau kecelakaan, warnanya masih asli tak pernah turun mesin,benar-benar mesin toyota sangat kuat dan tahan lama asal dirawat dengan baik sayang ccnya rendah sehingga kurang kuat bila dipasang AC, maklum Jakarta panas mana tahan yah sudah lego saja selagi masih ada yang berminat dengan harga cukup lumayan kurang lebih setengah harga corolla baru saat itu.
Mobil pertama ini mobil rejeki karena dibeli saat anak pertama lahir,Albert -photographer uniquecollection blog, lihat illustrasi photo Albert dan corolla 1974.
Mengapa mobil Toyota corolla yang dipilih ? jawaban yang sebenarnya inilah mobil paling murah dan bisa dicicil semaunya dengan Bang Ali Aceh tanpa pikir mutu,tetapi warnanya military green menarik hati dan transmissi manualnya sangat mudah dipakai serta sangat irit BBM, walaupun Kakak mertua saya mengatakan pada Isteri saya mengapa Mobil Jepang yang dibeli, saat itu semua yang berbau Jepang dianggap murahan, ia memakai mobil Dodge yang saat itu keren, tetapi apa yang terjadi lima tahun kemudian mobil sedan Dodge sudah hilang dari pasaran sedang Toyota Corolla tetap berjaya sampai tahun 1995, dua puluh satu tahun masih mulus dan tokcer, sayang mesinnya kecil 1000cc tak kuat pasang AC, apaboleh buat berikan orang tua yang tinggal dikota, saya ganti mobil yang lebih kuat untuk nanjak.

Mobil kedua , Toyota Corona 1500 ,green apple.mobil ini saya beli saat kelahiran putra kedua Anton jimmi, lihat foto mobil tersebut(kiri) di depan rumah mertua saya di guguk Malintang Padang Panjang saat Anton turun Mandi bulan februari 1978 bandingkan dengan toyota edisi sebelumnya tahun 1974 (kanan 

 Mobil corona ini sangat kuat, dibawa jalan-jalan dari sumatera Barat ke Medan sampai beberapa kali menempuh medan yang cukup parah, aman saja, kuat dan tidak pernah rewel , mesin dan transmisinya luar biasa, hanya sistem remnya harus hati-hati waktu hujan nginjaknya perlu beberapa kali jangan satu kaligus bisa slip, memang rem gaya lama kurang mantep masih pakai sistem karet bukan hidrolik.
Setelah berjalan keliling Sumatera Barat dan Sumatera Utara hampir 9 tahun warnanya mulai luntur diganti cat baru abu-abu jadi mulus lagi, terimakasih WATJE dan HENG catnya hebat juga , saat itu bengkel mereka ATOM jadi service station Toyota Astra,saat itu dealer Astra belum ada di Padang, mobil pertama dan kedua dibeli secara cicilan semaunya denga Bang Ali Aceh, halo Bang Ali terima kasih
Toyota Corona ini juga mobil rezeki karena waktu dibeli isteri Hamil putra kedua dan saat hamil jalan dari solok Sumatera barat sampai Danau Toba  dan Medan non stop 20 jam,berhenti hanya untuk makan dan istirahat tetap tokcer kehamilan tak terganggu karena mobil nyaman sekali shockbrekernya, mesih halus bunyinya dan akhirnya Anton lahir dengan selamat sampai sat ini malam kerja di TAM,memang ia dilahirkan dan dibesarkan dilingkungan mobil Toyota astra Mobil sehingga bila ditest ia bisa cerita panjang lebar dan terperinci mengenai mobil produksi Toyota Astra Mobil termasuk bengkelnya, malah ia buat gambar bengkel toyota Astra Padang karena sering kesana ikut saya yang saat itu jadi dokter bengkel Toyota sehingga enak service gratis mobil jadi tetap mulus walaupun karet kopling dan rem perlu juga diganti pada saatnya.
Sebenarnya saya sudah terlanjur jatuh cinta pada mobil corona tersebut, tetapi karena ingin pergi jalan darat ke Jawa dan Bali liwat jalan raya Sumatra dan Jawa, saya lepas mobil tersebut dengan harga yang sama dengan harga beli kurang lebih 3 kilgram Mas harganya, tambah sedikit dengan kredit dapat mobil perkasa nomor tiga.lihat fotonya dibawah ini,foto tahun 1984 waktu pertualangan saya jalan darat dari Padang ke Jawa dan Bali,saat ini di kota Batu Malang sesudah beli apel kelihatan isteri saya Lily ,ibu mertua alm.Eliza dan kedua putra saya Albert and Anton.

                                   

mobil Ketiga, mobil paling saya sayangi sampai hampir 25 tahun membawa saya keliling Jawa -Sumatra dan Bali, tokcer, kuat aman dan tetap masih mahal harganya sampai saat ini,pasti kolektor tahu merknya si Jago Jalan offroad si BJ-40 Diesel generasi pertama di Indonesia tahun 1983 “LANDCRUISER BJ-40″ diesel warna redwine, sebenarnya mau disimpan sampai usur tapi takut nanti kena aturan ibukota mobil dibawah tahun 2000 tak boleh masuk kota dan saya sudah pensiun tak pernah jalan off road lagi dan sasaran baru adalah trevel around Asia dengan pesawat udara kutukar di jengo merah Toyota Landcruiser denga Toyota Soluna buatan Thailand generasi pertama sebelum keluar generasi kedua buat taksi.

Mobil Keempat, saat pindah keJakarta , perlu mobil dua, karena lagi ada rejeki jualan koleksi unik yang masih berlebih dari beli rumah, saya beli Mobil Toyota Twin cam 1989 buat nyonya pergi ngatar Anton dan Albert ke Sekolah sebab saya bertugas ke Pontianak empat tahun. Mobil  kebangaan dan kesayang nyonya dipakai selama 15 tahun, mesin masih bagus hanya warna wine red pudar akibat dijemur waktu parkir tapi si OYONG pinter juga ganti cat sama sehingga tetap mulus saat dijual karena nyonya ganti mobil baru atas saran Anton yang baru pulang praktek kerja di Kota Toyota Jepang selama satu tahun, tentu sudah tahu itu mobil paling populer dan ekonomis saat ini.
Toyota twin cam kelemahannya adalah sistem kipas dan radiator, kurang cocok buat Indonesia yang sangat panas,otomatisnya sering rewel sehingga air habis,untung sistem proteksinya bagus tak terbakar, hanya AC jadi korban bila jalan jauh bisa mongok kepanasan, airradiator  harus sering di tambah, radiator dan kipas ganti tokcer lagi, tapi mesinnya tetap tokcer.

Mobil Kelima , Toyota Soluna red wine difoto didepan carport rumah saya di Jakarta oleh putra saya Albert pada bulan pebruari tahun 2009 saat ulang tahun saya ke 65

                                             

,mobil kreasi Thailand generasi pertama ini, masih saya pakai saat ini, irit, sistem radiator bagus, mesin bagus,transmisi bagus, Ac bagus hanya rusak saat kebenah air banjir, tapi mesin tetap bagus walaupun nerjang air banjir lari ke apartemen dan selamat , sunggup mobil ini bagus, dan tetap awet termasuk catnya ada sedikit gores diterpa sepeda motor. Saya sayang mobil ini,pakainya hanya dalam kta sekali atau dua kali seminggu sehari-hari keliling kelapa gading saja, maunya diantikkan sampai usur, walaupun sudah 10 tahun umurnya , jalannya baru 100.000km, walaupun sedikit was was bila ada aturan buangan gas bila ditest bisa tak lulus biarlah putar-putar dalam kelapa gading saja, Anton dengan Kijang Innovanya bisa keluar kota dan dalam kota dengan Toyota Viosnya bantuan tempat kerjanya di TAM.pada tahun 2010 akhirnya putra saya Albert juga menganti mobil avanzanya dengan Kijang Innova edisi terbaru 2010.
Anton kurang setuju saya tulis tentang mobil toyota Astra Mobil, mungkin ia takut ada pengaruh buat pekerjaannya, tapi saya pikir ini pengalaman pribadi saya yang ditulis dari hati yang suci tanpa ada pengaruh apa-apa, benar berani sumpah!! saya juga ikut prihatin ada kampanya negatif buat Toyota saat ini,komentar saya , Toyota tetap Jaya, mana ada ciptaan manusia sesempurna ciptaan Tuhan, si Bule Amerika cari peluangan karena kalah bersaing, masa soal karpet nyangkut gas dijadikan masalah, kita di indonesia selalu pasang karpet khusus dibawah gas yang kasat agar tidak nyangkut, orang amerika perlu belajar dari supir Indonesia, nanti waktu Obama datang bisa diperlihatkan bagaimana Toyota Astra Mobil melindungi Kosumen Indonesia.saya juga menulis cerita ini atas permintaan saya Dr Edhie Djohan di Medan yang juga membeli toyota Soluna 2001,kemudian tahun 2009 ketika melihat mobil isteri saya Toyota Avanza akhirnya tukar tambah dengan mobil toyota Avanza, memang kami keluarga penceinta mobil Toyota Astra.

Mobil keenam dan ketujuh.milik Nyonya yang punya metode international tiap lima tahun ganti mobil, ternyata mobil Toyota Avanza generasi pertama Tahun 2004 ditaksir diatas harga beli, sehingga dapat ditukar dengan New avanza 2009.
Mobil Avanza benar benar irit, tinggi anti banjir sudah di test lulus cumlaude, dan harga purna jualnya lumayan bagus, tetapi saya masih kaku pakai mobil panjang sama dengan Kijang karena takut ekornya tak muat digarase dan kalau mundur kepentok dinding, untung mobil Anton Toyota Vios dan Innova sudah pakai alarm parkir tak bisa kepentok, tapi Toyota avanza belum, saya saran supaya generasi mendatang ditambah aarm tersebut biar saya lebih berani memakainya , maklum umur udah tambah uzur.

Saya ucapkan selamat kepada pimpinan Toyota astra Mobil atas prestasinya yang dapat menyelamatkan produk Mobil Toyota di Indonesia dari segala kemunginan cacat produksi, dan saya usul istilah Recall diganti dengan recheck atau medical check up kata orang medis kayak saya, kesehtan manusia ciptaan Tuhan saja perlu dicek, deteksi dini tanda-tanda kurang beres kesehatan, atasi sedini mungkin sebelum jadi rusak dan celaka, bagaimana boss TAM,okay. Viva Toyota Astra Mobil, kata orang bule “you are still Number One”

Sebagai tanda ucapan terima kasih saya kepada Toyota Astra Mobil (TAM) dan Toyota Astra Cooperation (TMC) atas karya mereka yang telah mebantu saya sehingga dapat bergerak dengan cepat dan selamat selama kurang lebih 36 tahun(1974-2010) , saya mencoba menyusun suatu kronologis perkembangan mobil Toyota Astra dengan judul Kronologi koleksi mobil Toyota Mobil coorperation(TMC) dan Toyoto Astra Mobil,yang dikompilasi dari berbagai informasi yang saya peroleh dari eksplorasi Internet via Google berikut illustrasiny baik dari Internet maupun milik pribadi, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan bagi TMC dan TAM, mohon koreksi karena saya bukan penulis profesional, hanya penjalan keliling asia dan kolektor benda unik termasuk Mobil unik Toyota.

II.KOLEKSI MOBIL TOYOTA MOBIL COORPERATION(TMC)

2.1. Awalnya Industri mobil Toyota

(1) 1867
Sakichi Toyoda lahir

(2) 1924
Sakici Toyoda menciptakan model mobil Toyda

(3) 1929
Toyoda automatik dipatentkan

(4) 1930
Kaichio Toyoda (generasi ke-2), mulai meneliti mesin mobil kecil dengan bahan bakar bensin.

(5) 1935
Diproduksi Toyoda automatik

(6) 1936
Diproduksi Mobil Sedan Toyoda AA

                                       

2.2. Toyota Mobil Cooperation (TMC)
Dalam bahasa Jepang disebut “Toyota Jidsha Kabushiki Gaisa” dikenal sebagai Toyota adalah sebuah perusahaan multinational bermarkas di Jepang, lihat foto kantor pusat (kanan) dan pabrik yang lama(kiri) dibawah ini 
Ditemukan oleh Kiichiro Toyoda tahun 1937 yang merupakan perunahan dari perusahaan Ayahnya Toyota Industri untuk membuat Mobil.
Untu lebih jelasnya silahkan para kolektor membaca dan melihat illustrasi dari produksi mobil TMC :

(1) 1937
Toyota Industri diganti namanya menjadi TMC(Toyota Mobil cooperation) oleh Kiichiro Toyoda sebagai Toyoda generasi kedua.

(2) 23.8.37
TMC meluncurkan produksi Toyota Corolla generasi pertama.

(3) 1941
Pemerintah militer Dai Nippon menduduki Filipina dan menemukan moblik amerika merk Bantam MKII, mobil ini dibawa ke Jepang untuk dijadikan contoh untuk membuat mobil jenis sama tetapi dengan model yang berbeda, untuk dapat terwujud maka penguasa militer Dai Njppon di Jepang memerintahkan TMC untuk membuat mobil Jeep tersebut dan TMC menciptakan prototipe mobil model AK yang dikenal tentara Kerajaan Jepang sebagai “Yun ShikiKomatsu-she” atau dalam bahasa Indonesia “Truk Barang era Kerajaan tahun 2604-1944″

(4) 1942
Pemerintah Jepang meminta TMC untuk memproduksi Truk ringan untuk Kampanye Militer Jepang , maka TMC menciptakan Truk AK10 yang dibuat berdasarkan mesin Bantam GP. dengan mesin 2259 cc 4 silinder mesin type C yang sesudah perang menjadi prototipe Toyota Jeep BJ.

(5) 1947
TMC produksi Truck model Sayang  dikenal sebagai Toyopet, truk ini tidak kuat dan kecepatannya rendah.

(6) 1950
Pada waktu perang Korea TMC mengalami krisis finansial, sehingga saat diminta Tentara Amerika serikat untuk memproduksi Jeep Willis , TMC membuat produksi Jeep Willis dikenal sebagai jeep Korea kepala Tinggi, penulis memiliki mobil dinas type ini , tetapi kemudian dijual karena sistem rem yang jelek dan koplingnya sangat keras , teapi sangat bagus buat latihan belajar mobil , Isteri ,orang Tua dan adik saya belajar menyetir dengan jeep type ini.

(7) 1951
TMC membuat Jeep BJ type B mirip Landrover inggris 1948 tetapi lebih lebar dan pada bulan july 1951 Jeep BJ dipakai sebagai Jeep patroli Polisi nasional Jepang, hal yang sama juag di indonesia pada tahun 1974.

                                         

(8) 1953
Toyota jeep BJ mulai diproduksi di Toyota Honsja

(9) 1954
Nama Landscruiser di ciptakan oleh direktur tehnik Hanji Umehara sebagai saingan Landrver Inggris dengan berbagai type BJ-T, BJ-R, BJ-J dan FJ-7.

                                    

(10) 1955
TMC meluncurkan mobil Landscruiser Generasi 2 mesin 3900 cc 6 silider type F .

(11.) 1957 .pada tahun ini diproduksi Toyota Corona 1957

                             

(12)1958
Diluncurkan Station wagon Landscruiser type F

(13) 1960
Diluncurkan Landscruiser generasi ke-3 3900 cc yang sangat terkenal dengan nama Toyota Macho

                                     

(14)1966
Produksi pertama Toyota Corolla

(15)1968
Corolla diproduksi di Amerika Serikat

(16)1969
produksi pertama Corona Mark II (anton pernah memiliki mobil ini)

(17)1971
Corrolla denga 5 kecepatan ukuran besar diproduksi di Amerika serikat

(18) 1973
Produksi pertama Toyota Cressida

(19) 1974
Toyota Foundation didirikan

(20) 1978
Toyota Landscruiser Diesel BJ-40 dijual di Jerman

(21) 1981
diciptakan.Toyota Landscruiser BJ4o dengan Discbrake

                           

(22) 1982
TMC dan Toyota Motor Sales merger menjadi Toyota Motor Cooperation.

(23) 1989
Lexus diproduksi di Amerika serikat

(24) 1997
Prius generasi pertama diproduksi

(8) 1952
TMC meluncurkan Toyopet SD dan SF yang berhasil untuk Taxi

III. KOLEKSI MOBIL TOYOTA ASTRA MOBILE (TAM)
(1)1962
Toyota Corolla pertama di Indonesia, import .
Adik saya memiliki mobil ini.

(2) 1974
Toyota corolla generasi kedua, asembling Toyota Astra Mobil ( CKD+ complete Knock down), saya memiliki mobil ini.

                                                 

(3) 1974
Toyota Corona 1977 generasi pertama , assembing TAM (CKD) ,saya memiliki mobil ini. da pada tahun ini buat pertamakali TAM menciptakan Toyota Kijang generasi pertama dengan mesin corolla 1200 cc .

                                 

(4)1977

diproduksi dengan sistem asembling CKD complete knock Down, Toyota Corona 150o cc

                                                 

(5)1988

Toyota Kijang generasi pertama diproduksi dalam bentuk sederhana pickup kotak yang dikenal dengan nama Kijang Buaya.

                                         

(4) 1981
Toyta Kijang generasi Kedua mirip generasi pertama, dikenal sebagai Kijang Doyok.

(5) 1983
TAM assemping CKD Toyota Landscrusier BJ-40 diesel.

                                (6) 1986
TAM produksi Kijang gerenasi 3 dikenal dengan Kijang super, bisa ngangkut banyak orang mulai dari ayah ibu ,anak sampai kakek nenek. Fullpress body
dengan chassis Panjang.

(7) 1989
TAM memproduksi semi assembling dengan campuran produksi lokal Toyota Corolla Twin Cam dan SE.

(8)1990-1999
TAM meluncurkan mobil sedan yang sangat terkenal dan laris saat itu Toyota Great Corolla, selanjutnya corolla SE yang kena korban banjir dan Tyta Capsul chassis panjang dan Pendek yang amsih alris sampai diluncurkan Toyota Innova.

(9) 1999
Corolla Altis

(10) 2000
Toyota Soluna ex Thailand generasi pertama

Selesai@hak cipta Dr Iwan Suwandy 2010.

 the end@copyright Dr IWAN S 2010. uprgrade from uniquecollection.wordpress.com the older Dr Iwan S Blog. and now click iwansuwnady.wordpress.com for new and upgrade info.

About these ads

About iwansuwandy

I am a retired Medical doctor
This entry was posted in Toyotan Mobil Collection. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s